Csillagosok, katonák

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Csillagosok, katonák
Sutradara Miklós Jancsó
Produser Jenoe Goetz
András Németh
Kirill Sirjajev
Penulis Gyula Hernádi
Miklós Jancsó
Luca Karall
Valeri Karen
Giorgi Mdivani
Pemeran József Madaras
Tibor Molnár
András Kozák
Jácint Juhász
Anatoli Yabbarov
Sergey Nikonenko
Mikhail Kozakov
Bolot Bejshenaliyev
Tatyana Konyukhova
Krystyna Mikolajewska
Viktor Avdyushko
Gleb Strizhenov
Nikita Mikhalkov
Sinematografi Tamás Somló
Penyunting Zoltán Farkas
Studio Bendera Hongaria Mafilm
Bendera Uni Soviet Mosfilm
Tanggal rilis Bendera Hongaria 1967
Bendera Perancis 30 Agustus 1968
Bendera Amerika Serikat 20 September 1968
Bendera Australia 27 Agustus 1969 (Festival Film Adelaide)
Bendera Swedia 1 Desember 1969
Bendera Meksiko 1 Januari 1970
Bendera Jerman Timur 10 April 1970
Durasi 90 menit
Negara Bendera Hongaria Hongaria
Bahasa Hongaria
Rusia

Csillagosok, katonák (bahasa Indonesia: Merah dan Putih), juga dikenal sebagai The Red and the White dalam judul berbahasa Inggris, adalah sebuah film drama-perang Hongaria tahun 1967 yang berurusan dengan Perang Saudara Rusia. Film ini disutradarai oleh Miklós Jancsó dengan naskah tulisan Gyula Hernádi, Miklós Jancsó, Luca Karall, Valeri Karen, dan Giorgi Mdivani. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Hongaria dan Uni Soviet: József Madaras, Tibor Molnár, András Kozák, Jácint Juhász, Anatoli Yabbarov, Sergey Nikonenko, dan masih banyak lagi.

Judul Hongaria asli, Csillagosok, katonák, bisa diterjemahkan sebagai "Bintang di Topi mereka" (harfiah 'penuh bintang, tentara'), yang sebagai dengan sejumlah judul film Jancsó, adalah kutipan dari sebuah lagu. Film ini terdaftar untuk bersaing di Festival Film Cannes tahun 1968,[1] tapi festival itu dibatalkan karena peristiwa Mei 1968 di Perancis. Film ini memenangkan Penghargaan Kritikus untuk Film Asing Terbaik (Miklós Jancsó) dalam Sindikasi Kritikus Bioskop Perancis tahun 1969.

Film co-produksi Rusia-Hongaria, awalnya ditugaskan untuk merayakan ulang tahun ke-50 dalam Revolusi Oktober di Rusia di mana kaum Bolshevik merebut kekuasaan. Namun, Jancsó memilih untuk mengatur tindakan dua tahun kemudian pada tahun 1919 dan menunjukkan laskar Hongaria mendukung Komunis "Tentara Merah" dalam pertempuran Tsar "Gerakan Putih" sebagai dua belah pihak berjuang untuk kontrol di bukit-bukit yang menghadap ke sungai Volga. Serta menyimpang pada pengaturan yang diperlukan, Jancsó juga memilih untuk menggunakan berbeda pendekatan yang radikal untuk film dari yang diharapkan. Alih-alih menembak rekening hagiografik di kelahiran Komunisme Soviet, Jancsó menghasilkan film anti-heroik sangat yang menggambarkan kebrutalan tidak masuk akal dari Perang Saudara Rusia secara khusus dan semua pertempuran bersenjata pada umumnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1919, Komunis Hongaria membantu kekalahan Bolshevik dari Tsar, Gerakan Putih. Dekat Volga, sebuah biara dan rumah sakit lapangan yang dimiliki oleh satu sisi maka lainnya. Tawanan dieksekusi atau dikirim berlari telanjang ke dalam hutan. Tidak ada pihak yang memiliki rencana, dan memberi ciri kamera mengambil segera mati. Seorang perwira Cossack Putih membunuh tokoh Hongaria dan dijalankan oleh atasan sendiri ketika dia mencoba memperkosa seorang gadis pemerah susu. Di rumah sakit, perwira Putih memerintahkan perawat ke dalam hutan, mengenakan pakaian bagus, untuk berdansa. Seorang perawat membantu Tentara Merah, maka mereka menuduhnya di pengkhianatan untuk mengikuti perintah Gerakan Putih. Prajurit Merah berjalan dengan sukarela, menyanyi, ke dalam kekuatan luar biasa. Perang tampak kacau dan sewenang-wenang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Festival de Cannes: The Red and the White". festival-cannes.com. Diakses 2009-04-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]