Mosfilm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kinostudiya MosFilm
Jenis Korporasi
Industri Film
Didirikan 1920
Kantor pusat Bendera Rusia Moskwa, Rusia
Tokoh penting Karen Shakhnazarov (Ketua)
Produk Film
Program televisi
Karyawan 1,500
Situs web http://www.mosfilm.ru/

Mosfilm (bahasa Rusia: Мосфильм, diucapkan [məsˈfʲɨlʲm]) adalah sebuah studio film, yang sering digambarkan sebagai terbesar dan tertua di Rusia dan di Eropa. Keluarannya meliputi sebagian besar di film Soviet lebih luas diakui, mulai dari karya oleh Tarkovsky dan Eisenstein (umumnya dianggap sebagai direksi Soviet terbesar), ke Barat Merah, dengan co-produksi Akira Kurosawa (Дерсу Узала / Dersu Uzala) dan film epik Война и Мир / Perang dan Perdamaian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanda Masuk ke Studio Mosfilm di Jalan Mosfilmovskaya

Unit produksi film Moskwa dengan fasilitas studio didirikan pada November 1923 oleh mogul film Aleksandr Khanzhonkov ("pabrik film pertama") dan I. Ermolev ("pabrik film ketiga") sebagai unit bekerja Goskino. Film pertama yang difilmkan oleh Mosfilm adalah Dalam Sayap ke Langit (disutradarai oleh Boris Mikhin).

Pada tahun 1927, sebuah kompleks studio film baru itu mulai dibangun pada Jalan Mosfilmovskaya di Bukit Burung Gereja, Moskwa. Studio film ini dinamai setelah Moskwa digabung pabrik Soyuzkino Peringatan Sepuluh pada Oktober. Pada tahun 1934, studio film diubah namanya menjadi Moskinokombinat, dan pada tahun 1936 - diubah namanya menjadi Mosfilm. Selama Perang Dunia II, personel studio film dievakuasi ke Alma-Ata (Agustus 1941), dan bergabung dengan unit produksi Soviet lainnya ke Studio Film Berserikat Tengah (TsOKS). Personil Mosfilm kembali ke Moskwa pada akhir 1943.

Logo Mosfilm terkenal, mewakili monumen "Pekerja dan Wanita Kolkhoz" oleh Vera Mukhina dan Menara Spasskaya dari Kremlin, diperkenalkan pada tahun 1947 dalam komedi musikal, Semi disutradarai oleh Grigori Aleksandrov dan dibintangi Lyubov Orlova dan Nikolai Cherkasov.

Pada akhir Uni Soviet, Mosfilm telah memproduksi lebih dari 3.000 film. Banyak film klasik ditembak di Mosfilm sepanjang sejarah dan beberapa dari mereka diberikan penghargaan internasional di berbagai festival film. Setelah pembubaran Uni Soviet, Mosfilm melanjutkan operasi sebagai sebuah perusahaan produksi kuasi-swasta, dipimpin oleh sutradara film Karen Shakhnazarov. Pada tahun 2005, perusahaan memeluk sepuluh studio independen, yang terletak di dalam tiga belas paviliun menempati wilayah di 13.000 meter persegi. Wisata melalui "Hollywood Rusia" ini menjadi semakin populer, karena mereka memungkinkan untuk melihat depot besar Mosfilm dengan 170 tank dan 50 mobil kuno. Paviliun utama disewakan setiap tahun untuk menahan Penghargaan Elang Emas.

Film terkenal[sunting | sunting sumber]

Masuk ke Studio Mosfilm dengan tanda clapperboard besar di sebelah kiri
Kolam kaskade di Studio Mosfilm
Alat peraga kayu digunakan sebagai fitur lansekap di Taman Mosfilm

Pranala luar[sunting | sunting sumber]