Crayak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ilustrasi yang menggambarkan mata Crayak.

Crayak adalah tokoh fiksi dalam seri novel fiksi-ilmiah Animorphs, yang ditulis oleh K. A. Applegate.

Crayak adalah makhluk yang jahat. Dia senang memusanahkan kehidupan makhluk lain, karena itu dia menggunakan armada luar angkasanya untuk membinasakan setiap makhluk hidup yang dia temui. Usaha Crayak ini berusaha dilawan oleh Ellimist, yang bertekad melindungi kehidupan di alam semesta.

Asal-usul Crayak tidak diketahui namun Ellimist berkata bahwa Crayak pindah dari galaksi lamanya ratusan juta tahun yang lalu akibat terusir oleh suatu kekuatan yang jauh lebih hebat.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Crayak adalah suatu makhluk yang sangat kuat dan nyaris mahakuasa. Wujudnya berupa cyborg tanpa lengan dengan tungkai yang besar, sedangkan kepalanya berupa sebuah bola mata berwarna merah darah. Ketika pertama kali melihat Crayak, Ellimist menduga bahwa Crayak berevolusi dari sejenis makhluk yang hidup di bawah tanah.

Crayak menguasai teknologi yang sangat canggih dan mengendalikan armada pesawat luar angkasa dengan jumlah yang sangat banyak. Berbeda dengan Ellimist yang menggunakan sistem kecerdasan terdistribusi yang menempatkan kekuasaannya di setiap pesawat, Crayak justru lebih memilih menempatkan pikiran utamanya dalam suatu pesawat utama. Pesawat tersebut berukuran jauh lebih besar dibandingkan pesawat lainnya dan dibuat dari asteroid. Sementara pesawat Crayak yang lainnya dipimpin oleh para anak buahnya.

Crayak dan Ellimist beberapa kali melakukan perang terbuka. Perang kedua makhluk yang kuat ini menyebabkan kerusakan di berbagai tempat di galaksi. Suatu ketika Crayak menjebak Ellimist sampai Ellimist terisap ke dalam lubang hitam. Namun Ellimist malah menyatu dengan lubang hitam dan menjadi mampu mengendalikan ruang dan waktu. Dengan kekuatan baru ini Ellimist berhasil meyakinkan Crayak bahwa jika mereka terus berperang dengan cara lama, maka alam semesta akan runtuh. Akhrinya Crayak dan Ellimist sepakat untuk berperang secara tidak langsung dan dengan menggunakan pion-pion. Pion utama Crayak adalah bangsa Howler dan Yeerk, sedangkan pelayan sekaligus pembawa pesan Crayak adalah Drode.