Craniata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Craniata
Rentang fosil: Kambrium Awal - sekarang
Pacific hagfish Myxine.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
(tidak termasuk) Craniata
Linnaeus 1758
Subfilum

Cephalaspidomorphi (diperdebatkan)
Myxini
Vertebrata

Craniata atau Craniota adalah suatu klad yang diusulkan untuk mencakup semua Chordata yang termasuk vertebrata (subfilum Vertebrata) dan remang (Myxini) sebagai perwakilan hidupnya. Craniata, sesuai namanya, mencakup semua hewan yang memiliki cranium atau tengkorak.

Craniata adalah suatu takson tanpa peringkat yang menggantikan pengertian lama Vertebrata. Dengan adanya kelompok Craniata, Vertebrata akan mengecualikan Myxini dan Cephalaspidomorphi yang dianggap tidak memiliki tulang belakang (vertebrae) sejati. Ciri-ciri lain Craniata lainnya adalah adanya dua bagian jantung (atrium dan ventrikel), tiga bagian otak, serta paling tidak satu kanal semisirkular.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Cleveland P. Hickman, J., Roberts, L. S., Keen, S. L., Larson, A. & Eisenhour, D. J. (2007). Animal Diversity, Fourth Edition. New York: McGraw Hill. 
  • Delarbre et al (2002). "Complete Mitochondrial DNA of the Hagfish, Eptatretus burgeri: The Comparative Analysis of Mitochondrial DNA Sequences Strongly Supports the Cyclostome Monophyly". Molecular Phylogenetics and Evolution 22 (2): 184–192.