Conway Pulford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

MarsMa Conway Walter Heath Pulford CB, OBE, AFC (1892 - 10 Maret 1942) adalah perwira senior Royal Air Force.

Karier AL[sunting | sunting sumber]

Pulford memulai karier di Royal Navy pada tahun 1905 sebagai kadet di Royal Naval College, Osborne. Setelah bertugas sebagai taruna di HMS Russell dan HMS Lion, serta sub-letnan di HMS Larne, ia menjadi pilot di pesawat pengangkut HMS Ark Royal pada bulan Desember 1914.

Karier AU[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 1920, Pulford meninggalkan Royal Navy ke Royal Air Force, menjadi komandan skuadron pada tahun 1921. Pulford masuk ke RAF Staff College pada tahun 1922 dan Imperial Defence College pada tahun 1929.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1941, ia mencoba menambah angkatan RAF di Timur Jauh untuk mendukung semua angkatan di bawah Far East Command. Namun sebelum serangan Jepang pada tanggal 8 Desember 1941, Timur Jauh diberikan prioritas rendah sehingga sedikit yang bisa dilakukan. Untuk mendukung stafnya yang amat sedikit di ambang perang. MarsMa Paul Copeland Maltby tiba dan bertugas sebagai wakil Pulford. Pulford diperintahkan menyelamatkan diri pada tanggal 5 Februari 1942. 10 hari kemudian, Pulford dan rekan AL-nya LaksDa Ernest John Spooner, merupakan orang-orang terakhir yang bertahan. Perahu bermotornya diserang dan dipaksa menuju pulau tak berpenghuni Cebia, terletak di utara Pulau Bangka (sekarang di Indonesia). Mereka yang selamat mencoba bertahan selama 2 bulan sebelum dipaksa menyerah kepada Jepang, namun Pulford dan Spooner telah meninggal akibat kelelahan dan malaria. Ketika Pulford tidak sampai Jawa, Paul Maltby mengambil alih komando RAF Far East Command, namun tertangkap dan menghabiskan masa perang di kamp konsentrasi Jepang.

Rujukan[sunting | sunting sumber]