Conrad Helfrich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Luitenant-admiraal Helfrich (1946)
Conrad Helfrich (kiri)

Luitenant-Admiraal Conrad Emil Lambert Helfrich (KCB) (11 Oktober 1886, Semarang - 20 September 1962, den Haag) dari Koninklijke Marine adalah tokoh AL utama Belanda dalam Perang Dunia II.

Antara tahun 1919-1922 Helfrich bertugas sebagai staf marinir di den Haag di mana ia terlibat dalam pembentukan rencana armada bagi Hindia Belanda.

Atas pecahnya Perang Pasifik Helfrich memegang komando semua unit AL Belanda di Hindia Belanda dan memberi perintah untuk mengumandangkan perang secara agresif. Kekuatan kapal selamnya yang kecil menenggelamkan lebih banyak kapal Jepang dalam minggu-minggu pertama perang daripada AL Britania dan AS bersama. Seorang pemberani yang membuatnya digelari "Ship-a-day Helfrich". Laksamana Helfrich bekerja tanpa kenal lelah untuk membangun kerja sama dengan AL Sekutu di daerah itu karena ia tau Belanda tak bisa berharap melindungi Hindia Belanda sendirian. Saat komando gabungan itu (ABDA) akhirnya dibentuk pada bulan Januari 1942, ia terlangkaui untuk jabatan komando AL, atas persetujuan Laksamana Thomas Charles Hart dari United States Navy. Misi Helfrich untuk mempertahankan Pulau Jawa bagaimanapun juga tidak cocok dengan harapan Hart untuk mencadangkan sebanyak mungkin unit AL. Pada tanggal 12 Februari 1942, Helfrich menggantikan Hart sebagai komandan AL Amerika-Britania-Belanda-Australia (ABDA) di Pasifik dan akhirnya terus menyerang. Sayangnya, keberanian angkatan yang menyerang tak ada gunanya di hadapan AL Jepang yang kelewat tangguh dan setelah malapetaka Pertempuran Laut Jawa sebagian besar kapal ABDA di bawah komandonya keluar kandang dan ABDA sendiri terbongkar. Helfrich menghabiskan masa sisa perang di Ceylon untuk mempersiapkan kembalinya pemerintahan Belanda ke Hindia Belanda.

Pada tahun 1945, ia diberi komando semua AL Belanda dan naik pangkat menjadi Luitenant-Admiraal. Pada tanggal 2 September 1945, ia menandatangani Perjanjian Penyerahan Jepang di atas kapal perang USS Missouri atas nama Pemerintah Belanda. Ia tetap dalam komando itu hingga pembebasannya dari AL pada tanggal 1 Januari 1949, dan dianugerahi "Grootkruis in de Orde van de Nederlandsche Leeuw". Ia menulis memoarnya yang diterbitkan pada tahun 1950 dan akhirnya meninggal di den Haag, pada tanggal 20 September 1962.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]