Colin Chapman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Colin Chapman
Colin Chapman 1971.jpg
Lahir 19 Mei 1928
Meninggal 16 Desember 1982 (umur 54)
Sejarah karier dalam ajang Formula Satu
Kebangsaan Bendera Britania Raya British
Tahun aktif 1956
Tim Vanwall
Jumlah lomba 1 (0 starts)
Juara dunia 0
Menang 0
Podium 0
Total poin 0
Posisi pole 0
Lap tercepat 0
Lomba pertama Grand Prix Perancis 1956
Lomba terakhir Grand Prix Perancis 1956

Anthony Colin Bruce Chapman, CBE (lahir 19 Mei 1928 – meninggal 16 Desember 1982 pada umur 54 tahun) adalah seorang desainer Inggris yang berpengaruh, penemu, dan pembangun di industri otomotif, dan pendiri Lotus Cars.

Dia belajar teknik struktural di University College London, bergabung dengan Skuadron Udara Universitas dan belajar untuk terbang. Chapman meninggalkan UCL tanpa gelar pada tahun 1948, resitting kertas terakhir Matematika pada tahun 1949 dan memperoleh gelar tahun terlambat. Dia sebentar bergabung dengan Royal Air Force pada tahun 1948, yang ditawarkan sebuah komisi permanen tapi mengubah ini turun dalam mendukung kembali cepat ke kehidupan sipil. Setelah beberapa palsu dimulai Chapman bergabung dengan perusahaan aluminium Inggris, menggunakan keterampilan teknik sipilnya untuk mencoba untuk menjual aluminium sebagai bahan struktural layak untuk bangunan.

Pada tahun 1952 ia mendirikan perusahaan mobil sport Lotus Mobil. Chapman awalnya berlari Lotus di waktu luangnya, dibantu oleh sekelompok penggemar. Pengetahuan tentang teknik terbaru teknik penerbangan akan membuktikan penting dalam mencapai kemajuan besar teknis otomotif dia diingat untuk. Dia terkenal karena mengatakan "Menambahkan kekuatan membuat Anda lebih cepat pada Straights. Mengurangkan berat badan membuat Anda lebih cepat mana-mana", sebagai filsafat desain difokuskan pada mobil dengan bobot yang ringan dan penanganan baik bukan bulking di tenaga kuda dan tingkat musim semi.

Di bawah arahannya, Tim Lotus memenangkan tujuh gelar juara dunia konstruktor dan enam juara dunia pembalap, dan Indianapolis 500 di Amerika Serikat, antara tahun 1962 dan 1978. Sisi produksi dari Lotus Mobil telah membangun puluhan ribu yang relatif terjangkau, mobil sport memotong ujung. Lotus adalah salah satu dari kecuali segelintir pembangun kinerja mobil Inggris masih dalam bisnis setelah penurunan industri tahun 1970-an.

Chapman menderita serangan jantung fatal pada tahun 1982, berusia 54.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]