Ciu kunyit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Ciu kunyit
Pteruthius aenobarbus Java.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Timaliidae
Genus: Pteruthius
Spesies: P. aenobarbus
Nama binomial
Pteruthius aenobarbus
(Temminck, 1835)

Ciu kunyit (bahasa Latin: Pteruthius aenobarbus) adalah spesies burung dari keluarga Timaliidae, dari genus Pteruthius. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat kupu, kecoa, serangga, buah keci yang memiliki habitat di tajuk, semak, hutan pegunungan, tersebar pada ketinggian 1.000-3.000 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Ciu kunyit memiliki tubuh berukuran sangat kecil (11 cm).

Burung jantan: Dahi, dagu, dan kerongkongan coklat berangan. Lingkar mata putih. Garis alis putih keabu-abuan. Tubuh bagian bawah kuning. Tubuh bagian atas hijau zaitun. Dua garis putih tebal pada penutup sayap atas yang hitam.

Burung betina: Tubuh bagian bawah keputihan. Warna coklat berangan hanya pada dahi. Iris hitam, paruh hitam, kaki abu-abu. Hidup pada tajuk pohon dan semak di hutan pegunungan. Kadang berbaur dengan kelompok jenis lain. Ribut hilir mudik, berpindah dari satu pohon ke pohon yang lain.

Sarang berbentuk cawan dangkal, tersamar dengan lumut dan jaring laba-laba, pada cabang yang tinggi. Telur berwarna abu-abu, berbintik abu-abu dan ungu, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Mei, Juni.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Assam - Cina selatan, Asia tenggara (kecuali Semenanjung Malysia).
  • Jawa.

Referensi[sunting | sunting sumber]