Cincin Schatzki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cincin Schatzki
Klasifikasi dan rujukan eksternal
Gambar endoskop cincin Schatzki yang terlihat di esofagus dengan kardia dibelakangnya.
ICD-10 K22.2, Q39.3
ICD-9 530.3, 750.3
DiseasesDB 31504
eMedicine med/2069 

Cincin Schatzki atau Cincin Schatzki-Gary adalah cincin yang dapat ditemui di bagian bawah esofagus yang dapat menyebabkan kesulitan menelan. Cincin ini terbuat dari jaringan mukosa atau jaringan muskular.[1] Cincin Schatzki dapat menyebabkan disfagia (kesulitan menelan), atau dapat menyebabkan esofagus tertutup. Cincin ini dinamai dari dokter Amerika Serikat yang bernama Richard Schatzki.

Gejala[sunting | sunting sumber]

Tidak semua pasien dengan cincin Schatzki memiliki gejala. Ujicoba menelan barium pada esofagus kadang-kadang akan menunjukan cincin Schatzki pada pasien yang tidak memiliki gejala. Ketika cincin Schatzki menyebabkan gejala, cincin tersebut biasanya menyebabkan disfagia, atau perasaan bahwa makanan "menempel" ketika menelan. Cincin ini muncul jika makanan tidak dikunyah dengan baik. Kasus gangguan disebut sindrom steakhouse: selama makan, terdapat gangguan bolus pada esofagus dengan bahan makanan, yang menyebabkan rasa nyeri pada dada dan disfagia. Pasien biasanya dapat memuntahkan makanan, tetapi dibutuhkan perawatan dengan endoskop, yang merupakan penggunaan kamera fiber optik untuk memindahkan makanan.[2] Hal ini mengikutsertakan endoskop mendesak untuk melokasikan gangguan, diikuti dengan dimasukannya alat untuk mendorong makanan keluar dari esofagus, atau mendorongnya ke perut. Semua selesai hanya dengan peringatan, atau jika anatomi struktur tempat gangguan muncul sudah diketahui. Jerat dan gunting tang dapat digunakan untuk hal tersebut.

Diagnosis[sunting | sunting sumber]

Ketika seorang pasien diduga memiliki cincin Schatzki, dokter dapat membuat diagnosis dengan melakukan satu dari dua tes: baik tes esofagogastroduodenoskopi atau menelan barium. Endoskop menunjukan cincin pada lumen esofagus yang memiliki berbagai ukuran. Cincin biasanya terletak beberapa sentimeter di atas kardia, yang menggabungkan perut dan esofagus. Cincin Schatzki dapat menyerupai penyakit jaringan esofageal. Jaringan esofageal mirip dengan Cincin Schatzki dan jaringan esofageal juga memiliki jaringan mukosa tambahan, tetapi tidak sepenuhnya mengelilingi esofagus.

Endoskop dan menelan barium sering menunjukan bukti adanya Cincin Schatzki,[3] yang berarti bahwa banyak cincin Schatzki yang bersifat asimtomatik.

Dua jenis cincin Schatzki telah dideskripsikan. Cincin Schatzki menurut deskripsi awal Schatzki dan Gary adalah cincin dari jaringan berserat terlihat pada otopsi; hal tersebut adalah cincin Schatzki yang umumnya menyerang penderita.[1] Pada cincin terdapat jaringan mukosa yang mengelilingi seluruh esofagus. Terdapat banyak hipotesa mengenai penyebab dari cincin Schatzki, tetapi penyebab cincin Schatzki masih berubah-ubah, dan dapat berhubungan baik faktor kelainan bawaan dan dapatan.

Penanganan[sunting | sunting sumber]

Jika cincin Schatzki bersifat asimtomatik, terdapat bukti bahwa cincin Schatzki tidak berkembang untuk menyebabkan gejala dan tidak ada perawatan yang diperlukan.

Cincin Schatzki simtomatik dapat dirawat dengan dilatasi esofageal, baik menggunakan dilator bougie ataupun balon. Perawatan tersebut merupakan perawatan yang efektif.[4] Dilatasi bougie berperan dalam memperlebar untuk meningkatkan ukuran tabung dilasi panjang esofagus untuk merentangkan daerah sempit. Cara ini dilakukan dengan guidewire memasuki perut dengan endoskop (sistem Savary-Gillard) atau menggunakan dilator raksa (sistem Maloney). Hal ini biasanya dilakukan dengan sedasi kedalam pembuluh darah untuk memastikan kenyamanan. Durasi pengaruh dilasi bervariasi pada tiap individu, dan dapat mencapai berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Dilasi perlu diulangi jika cincin kembali muncul.

Setelah perawatan dengan dilatasi atau endoskop gangguan bolus, terdapat trauma yang berhubungan dengan prosedur. Terapi penghambat pompa proton diberikan untuk mengurangi asam perut yang mengalir kembali ke esofagus, yang dapat menyebabkan rasa sakit pada daerah trauma.

Hubungan lain[sunting | sunting sumber]

  • Cincin Schatzki dapat berhubungan dengan sinkop menelan, jenis sinkop yang jarang terjadi.[5]
  • Cincin Schatzki berhubungan dengan esofagus Barrett, yang dianggap sebagai kondisi esofagus sebelum kanker.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Schatzki, Richard; J. E. Gary (December 1953). "Dysphagia due to a diaphragm-like localized narrowing in the lower esophagus (lower esophageal ring)". The American journal of roentgenology, radium therapy, and nuclear medicine 7) (6): 911–22. PMID 13104726. 
  2. ^ Stadler, J.; A. H. Hölscher, H. Feussner, J. Dittler and J. R. Siewert (December 1989). "The "steakhouse syndrome". Primary and definitive diagnosis and therapy". Surgical Endoscopy 3 (4): 195–8. doi:10.1007/BF02171545. PMID 2623551. 
  3. ^ Pezzullo, john C.; Ann M. Lewicki (September 2003). "Schatzki ring, statistically reexamined". Radiology 228 (3): 609–13. PMID 12869689. Diakses 2006-07-20. 
  4. ^ Scolapio, James S.; Tousif M. Pasha, Christopher J. Gostout, Douglas W. Mahoney, Alan R. Zinsmeister, Beverly J. Ott and Keith D. Lindor (July 1999). "A randomized prospective study comparing rigid to balloon dilators for benign esophageal strictures and rings". Gastrointestinal Endoscopy 50 (1): 13–7. doi:10.1016/S0016-5107(99)70337-8. PMID 10385715. 
  5. ^ Gawrieh, Samer; Ty Carroll, Walter J. Hogan, Konrad H. Soergel and Reza Shaker (October 2005). "Swallow syncope in association with Schatzki ring and hypertensive esophageal peristalsis: report of three cases and review of the literature". Dysphagia 20 (4): 273–7. doi:10.1007/s00455-005-0024-y. PMID 16633871. 
  6. ^ Mitre, Marcia C.; David A. Katzka, Colleen M. Brensinger, James D. Lewis, Ricardo J. Mitre and Gregory G. Ginsberg (May 2004). "Schatzki ring and Barrett's esophagus: do they occur together?". Digestive Diseases and Sciences 49 (5): 770–3. doi:10.1023/B:DDAS.0000030087.07078.8a. PMID 15259497.