Cijerah, Bandung Kulon, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cijerah
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kota Bandung
Kecamatan Bandung Kulon
Luas -
Penduduk -
Kepadatan -

Cijerah adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Terletak di ujung barat Kota Bandung berbatasan dengan Kota Cimahi

Batas Administratif[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Cijerah memiliki batas batas administratif sebagai berikut :

  • Barat = Kelurahan Melong, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi
  • Utara = Kelurahan Maleber, Kec. Andir, Kota Bandung
  • Timur = Kelurahan Cibuntu, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung
  • Selatan = Kelurahan Gempol, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung

dan terdiri dari 10 rukun warga

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Cijerah terletak pada dataran rendah Bandung, dengan ketinggian rata rata 730 meter diatas permukaan laut. Beberapa sungai terdapat di Kelurahan ini, yaitu sungai Cibeureum dan sungai Cikendal (anak sungai Cibeureum).

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Rata rata penduduk yang berdomisili di Kelurahan Cijerah bekerja sebagai Pegawai Swasta ataupun Pegawai Negeri, sedikit sekali yang berprofesi sebagai Petani atau menjadi wiraswastawan. Beberapa pabrik berlokasi di Kelurahan Cijerah seperti PT. Samudra Palapa Tex dan PT. SunSon. Di Kelurahan ini terdapat pula sebuah gerai supermarket Borma yang sangat ramai di sore hari dan di hari sabtu. Untuk menunjang perekonomian beberapa Bank terletak di wilayah ini yaitu Bank BRI, Bank NISP dan Bank JABAR Banten. Selain itu terdapat pula sebuah pasar tradisional yaitu Pasar Cijerah. ATM juga terdapat di wilayah Cijerah ini, yaitu ATM BCA, Bank Mandiri, BNI, Bank NISP, Bank Tabungan Negara dan Bank Jabar Banten. Pusat Keramaian di Cijerah adalah di pertigaan Jl Sudirman atau yang lebih dikenal degannana paltilu atau paltiga yag berarti berjarak sekitar 3 pal ( 3 mil) dari pusat kota Bandung atau km 0 )

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Untuk urusan kesehatan di wilayah kelurahan Cijerah ini terdapat sebuah Puskesmas, 2 Poliklinik 24 Jam dan 1 apotek umum.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi khususnya angkutan umum di Kelurahan Cijerah cukup memadai, ditentukan dengan adanya beberapa trayek angkutan umum, bus kota dan bus AKDP yang melewati wilayah ini. Di bagian selatan khususnya di sekitar Pasar Cijerah, angkutan delman masih dapat ditemui. Becak dan Ojek Sepeda Motor juga terdapat di daerah ini. Dua buah SPBU Pertamina juga terletak di kelurahan Cijerah tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman dan juga di jalan raya cijerah.