Cihampelas, Bandung Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cihampelas
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung Barat
Pemerintahan
 • Camat Drs. Dedy Kusniadi, M.Si
Luas 3.762,84 ha
Jumlah penduduk 111.210
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 10
Kolam renang Cihampelas pada tahun 1930-an

SEJARAH KECAMATAN CIHAMPELAS[sunting | sunting sumber]

Asal usul kata Cihampelas, Cihampelas berasal dari gabungan 2 kata, yaitu : Ci dan Hampelas, yang masing-masing memiliki arti yaitu :

Ci = Ci yang dalam bahasa sunda artinya Air atau mata air.[sunting | sunting sumber]

Hampelas yang memliki arti nama sejenis pohon yang daunnya kasar seperti kertas amril (ampelas) dan bisa digunakan untuk menggosokl atau menghaluskan benda-benda dari besi dan kayu oleh masyarakat sekitar dan luar, serta dapat digunakan untuk makanan ternak seperti kambing.[sunting | sunting sumber]

Pohon tersebut hanya tumbuh satu pohon dengan ukuran yang sangat besar dan berumur puluhan tahun dibawah pohon diantara akar-akar besarnya timbul mata air yang tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang. Sehingga pada musim kemarau banyak dikunjungi masyarakat sekitar dan luar yang membutuhkan air untuk keperluan mandi, cuci dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Lokasi dimaksud pada saat ini adalah Kampung Cihampelas RW 02 Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat sekitar 100 meter diatas Sungai Citarum atau sekarang genangan Waduk Saguling,.

SEJARAH BERDIRINYA KECAMATAN CIHAMPELAS[sunting | sunting sumber]

Pada Tahun 1983 Pemerintah Pusat membangun mega proyek Bendungan Saguling di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citarum yang diperuntukkan bagi pembangkit listrik tenaga air (PLTA), yang berimbas pada penataan wilayah administratif Pemerintahan disekitar proyek PLTA Saguling tersebut, diantaranya termasuk penataan administratif Pemerintahan Kecamatan Cililin.

Berdasarkan Rapat Paripurna DPRD kabupaten Bandung Tanggal 2 Oktober 2003 tentang disahkannya Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 07 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kecamatan Cangkuang dan Kecamatan Cihampelas dimana penataan wilayah administratif Pemerintahan Kecamatan Cililin yang semula terdiri 21 Desa dibagi menjadi 2 wilayah Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Cililin sebanyak 11 Desa dengan luas wilayah 5.774,04 ha dan Kecamatan Cihampelas sebanyak 10 Desa dengan luas wilayah 3.762,84 ha.

Pada 22 Oktober 2003 jabatan Camat Cihampelas pertama diemban oleh Drs. H. Erick Juraira, M.Si. Adapun operasional Kantor kecamatan Cihampelas diawali pada Tanggal 27 Oktober 2003 (1 Ramadhan 1424 H), dengan menyewa rumah yang beralamat di Jl. Cicalengka No. 08 Desa Mekarmukti sampai diresmikannya gedung kantor Kecamatan Cihampelas oleh Bupati bandung pada Tanggal 31 Maret 2005 yang beralamat di Jl. Ciraden No. 08 Desa Citapen. Jika diurut dari mulai pelantikan Camat pertama kemudian kedua (Wandiana, SH) ketiga (Rini Sartika, S.Sos) keempat (Ir. Apung Hadiat Purwoko, M.Si). Camat kelima/terbaru yang masih menjabat hingga saat ini adalah Drs. Dedy Kusniadi, M.Si. maka usia Kecamatan Cihampelas hingga Tahun 2014 telah mencapai usia 10 Tahun. alhamdulliah.

MISI DAN VISI KECAMATAN CIHAMPELAS[sunting | sunting sumber]

VISI PELAYANAN :

TERUNGGUL DALAM PELAYANAN PUBLIK DENGAN PELAYANAN PULASARA,NASTITI,JUNUN,DAN LUHUNG ( PUNJUL )

MISI :

  1. KINERJA PELAYANAN YANG PULASARA
  2. MANAJEMEN PELAYANAN YANG NASTITI
  3. PEMBERDAYAAN PERIJINAN YANG JUNUN
  4. SDM APARAT YANG LUHUNG

MOTTO:

" P U N J U L "

" PULASARA-NASTITI NGURUSNA,JUNUN-LUHUNG NGALADENANA "

( Sigap Melayani Masyarakat Sesuai Peraturan Dengan Keluhuran Ilmu dan Budi )

Pulasara  : Ngamumule, Ngaraksa, Ngurus samestina

Nastiti  : Tertib, Hati-hati

Junun  : Sarigep kana gawe

Luhung  : Luhur Budi,Mulya Hate sarta luhur Elmu

Koordinat: 6°55′31″LU 107°28′46″BT / 6,92528°LS 107,47944°BT / -6.92528; 107.47944