Chloris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chloris
Chloris barbata
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Subtribus:
Genus:
Chloris

Spesies tipe
Chloris cruciata
Spesies

Lihat teks

Sinonim[2]
  • Agrostomia Cerv.
  • Chlorostis Raf.
  • Pterochloris (A.Camus) A.Camus

Chloris adalah genus rumput monofiletik yang tersebar luas & termasuk dalam famili Poaceae. Umumnya dikenal dengan nama rumput kincir angin atau rumput jari.[3] Genus ini ditemukan di seluruh dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis, dan lebih sering ditemukan di belahan bumi selatan.[3][4] Spesiesnya memiliki morfologi yang bervariasi, tetapi secara umum tingginya kurang dari 0,5 m. Mereka mempunyai bunga majemuk yang berbentuk seperti bunga payung, dengan beberapa bulu yang dilapisi dengan deretan bunga tandan. Genus ini dicirikan oleh rangkaian kuntum steril di atas kuntum paling subur. Durinya biasanya berjumlah 4–10 (terkadang 1–2), kira-kira atau dalam rangkaian 10–20 duri yang agak terpisah, jarang terdapat duri terminal yang jumlahnya tidak terbatas (biasanya sampai 50 atau jarang lebih, seperti yang terlihat pada spesies Chloris roxburghiana).[3][4] Di India, 11 spesiesnya diketahui terdapat dan hanya dua yang endemik yaitu Chloris wightiana dan Chloris bournei.[3][4] Genus ini diambil dari nama sosok dalam mitologi Yunani yang berhubungan dengan bunga dan musim semi.

Spesies[2][5][6][sunting | sunting sumber]

Spesies-spesies yang sekarang telah dipindahkan berada dalam genus-genus berikut:[2] Aegopogon Austrochloris Bouteloua Chondrosum Chrysochloa Ctenium Cynodon Dactyloctenium Daknopholis Disakisperma Eleusine Enteropogon Eustachys Gymnopogon Harpochloa Leptochloa Oxychloris Pseudopogonatherum Schoenefeldia Tetrapogon Trichloris

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tropicos, Chloris Sw.
  2. ^ a b c Kew World Checklist of Selected Plant Families
  3. ^ a b c d Landge, Shahid Nawaz (16 June 2022). "Lectotypification of Chloris montana (Poaceae: Chloridoideae) and taxonomic notes on a few species from India". Phytotaxa. 550 (3): 243–52. doi:10.11646/phytotaxa.550.3.4 – via Magnolia Press. 
  4. ^ a b c Landge, Shahid Nawaz (14 July 2022). "Lectotypification of Chloris bournei (Poaceae: Chloridoideae) and its distribution in India". Phytotaxa. 554 (3): 293–296. doi:10.11646/phytotaxa.554.3.8 – via Magnolia Press. 
  5. ^ The Plant List search for Chloris
  6. ^ Biota of North America Program 2013 cocunty distribution maps
  7. ^ "Chloris inflata". Lucid Central Keys. Diakses tanggal 2021-02-08.