Chip an' Dale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chip an' Dale
Serial Donald Duck
Berkas:Chip an' Dale.jpg
Poster rilis layar lebar
SutradaraJack Hannah
ProduserWalt Disney
MusikOliver Wallace
AnimatorJack Boyd
Volus Jones
Bill Justice
Murray McClellan
StudioWalt Disney Productions
Didistribusikan olehRKO Radio Pictures
Lama waktu6:37 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Chip an' Dale adalah sebuah film pendek animasi tahun 1947 yang diproduksi dalam bentuk Technicolor oleh Walt Disney Productions dan dirilis ke layar lebar oleh RKO Radio Pictures. Film tersebut mengisahkan pertemuan pertama Donal Bebek dengan dua tupai Chip 'n' Dale saat ia sedang menebang pohon mereka untuk dijadikan kayu bakar. Tema film tersebut adalah penampilan pertama dari dua karakter tupai yang sebelumnya tampil tanpa nama dalam Private Pluto (1943) dan Squatter's Rights (1946). Film Chip an' Dale juga merupakan kali pertamanya Chip dan Dale dibedakan satu sama lain, baik secara fisik dan kepribadian.

Chip an' Dale digarap oleh Jack Hannah dan menampilkan musik asli karya Oliver Wallace. Pengisi suaranya meliputi Clarence Nash sebagai Donal dan Jimmy MacDonald dan Dessie Flynn masing-masing sebagai Chip dan Dale.[1]

Bersama dengan film Disney lainnya, Pluto's Blue Note, Chip an' Dale dinominasikan untuk Film Pendek Animasi Terbaik (Oscar) pada 1958. Keduanya kalah telak dengan Tweetie Pie, sebuah film karya Warner Bros..

Perilisan[sunting | sunting sumber]

  • "Chip 'n' Dale (with Donald Duck)" (VHS)
  • "Starring Chip 'n' Dale" (DVD)
  • "The Chronological Donald, Volume Three" (DVD)

Catatan[sunting | sunting sumber]