Chinese Democracy (song)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Chinese Democracy adalah sebuah lagu dari band hard rock Guns N' Roses di dalam album Chinese Democracy. Lagu ini dirilis tanggal 22 Oktober 2008. Lagu ini ditulis oleh Axl Rose dan Josh Freese

Dimainkan di konser[sunting | sunting sumber]

Chinese Democracy dimainkan pertama kali di konser sejak tahun 2001. Pada tahun yang sama, Chinese Democracy Tour dimulai.

Simpati terhadap Falun Gong[sunting | sunting sumber]

Lagu dan Chinese Democracy ini adalah bentuk simpati GN'R terhadap Falun Gong yang tersiksa karena kelakuan Partai Komunis Tiongkok. Guns N' Roses sepertinya ingin memberitahu dunia tentang kekejaman partai tersebut terhadap kaum semi-religius tersebut. Pemerintah Tiongkok juga menuding Falun Gong sebagai kaum yang sesat. Lagu ini adalah komunikasi non-politik yang bisa mencuri perhatian dunia terutama Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menindak lebih serius Partai Komunis Tiongkok yang telah melakukan banyak pelanggaran HAM terhadap Falun Gong atau Falun Dafa ini.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Tentu banyak kontroversi dibalik rilisnya singel ini. Situs [www.chinesedemocracy.com resmi Chinese Democracy] diblokir di Republik Rakyat Tiongkok. Warganya sangat sulit mengakses lagu ini karena diblokir pemerintah setempat. Situs-situs seperti Tiannanmen Square, Falun Gong, serta organisasi-organisasi ilegal benar-benar susah diakses. Ada sepenggal lirik yang dianggap menghina Partai Komunis Tiongkok, yaitu "Blame it on a Falun Gong/they've seen the end and you can't hold on now" (Walaupun kalian menindas Falun Gong, mereka melihat akhir penindasan dan kalian tidak bisa mempertahankannya sekarang). Sekali lagi, Republik Rakyat Tiongkok benar-benar ketat dalam pengawasan.

Personil[sunting | sunting sumber]