Cheaper by the Dozen (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cheaper by the Dozen (film)
Cheaper by the Dozen 2003 film poster.jpg
Poster film Cheaper by the Dozen.
Sutradara Shawn Levy
Produser Michael Barnathan
Penulis Craig Titley
Sam Harper
Joel Cohen & Alec Sokolow
Pemeran Steve Martin
Bonnie Hunt
Hilary Duff
Piper Perabo
Tom Welling
Alyson Stoner
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis 26 Desember 2003 (Amerika Serikat)
Durasi 98 menit
Bahasa Inggris
Diikuti oleh Cheaper by the Dozen 2 (2005)

Cheaper by the Dozen adalah film komedi tahun 2003 yang menceritakan kehidupan seorang ayah dengan anak-anaknya yang berjumlah dua belas. Judul film diambil dari novel Cheaper by the Dozen, sebuah biografi karya Frank B. Gilbreth Jr. dan Ernestine Gilbreth Carey tentang keluarga beranak dua belas. Selain kesamaan judul, film ini sama sekali tidak berkaitan dengan cerita dalam novel tersebut. Diproduksi tahun 2003 di Amerika Serikat, film ini memiliki sekuel Cheaper by the Dozen 2, dan segera menyusul Cheaper by the Dozen 3.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tom Baker (Steve Martin) adalah seorang ayah yang memiliki 12 orang anak dan bekerja sebagai pelatih sepak bola. Istrinya, Kate (Bonnie Hunt) sedang menulis novel mengenai kehidupan keluarga mereka. Anak tertua bernama Nora (Piper Perabo) telah memiliki kekasih yang bekerja sebagai model. Namun sang kekasih tidak menyukai keluarga Nora,terutama adik-adiknya.

Masalah timbul saat Tom harus ditugaskan di daerah lain dan melatih tim sepak bola disekolah tersebut. Namun keduabelas anaknya tidak ada yang setuju. Namun mau tidak mau keluarga ini akan pindah. Di sekolah barunya, anak-anak Tom yang masih bersekolah dikucilkan oleh teman barunya, dan ini membuat mereka tidak nyaman. Salah satu anak mereka, yang bernama Mark merasa tidak ada yang peduli padanya. Hingga suatu hari, Mark pergi dari rumah.

Novel karangan Kate laku keras, dan Kate harus melakukan promosi buku ke daerah lain. Selama Kate tidak di rumah, Tom harus mengurusi seluruh anak-anak. Hingga tim Oprah Winfrey tiba dirumah mereka, namun kekacauan tidak terkendali lagi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Peran Diperankan oleh Karakter
Tom Baker Steve Martin adalah seorang ayah yang memiliki 12 anak. Bekerja sebagai pelatih tim sepak bola yang banyak menorehkan prestasi.
Kate Baker Bonnie Hunt Seorang wanita yang bijaksana. Dia juga menulis novel mengenai kehidupan keluarganya.
Nora Baker Piper Perabo Anak tertua keluarga Baker yang berumur 22 tahun. Memiliki pacar yang sangat membenci keluarganya.
Charlie Baker Tom Welling Anak kedua berumur 18 tahun dan suka sekali pada sepak bola. Memiliki kekasih yang bernama Beth. Namun ketika keluarganya harus pindah ke kota lain. Hubungan keduanya pun harus kandas.
Lorraine Baker Hilary Duff Anak ketiga yang berumur 16 tahun. Bercita-cita menjadi penata rias profesional. Karena itu adalah hobinya.
Henry Baker Kevin Schmidt Henry Baker pandai sekali bermain klarinet. Memiliki badan yang gemuk. Dia sangat dekat dengan Charlie.
Sarah Baker Alyson Stoner Anak perempuan yang tomboy. Ia yang paling sering membuat ulah dibanding saudaranya yang lain
Jake Baker Jacob Smith Jake adalah anak yang senag sekali bermain skateboard.
Kim and Jessica Baker Morgan York (Kim)
Liliana Mumy (Jessica)
Kim and Jessica adalah anak kembar anidentik. Mereka berdua berlawanan sifatnya dengan Sarah yang tomboy.
Mark Baker Forrest Landis Anak yang merasa tidak ada yang peduli padanya. Pencinta hewan dan memelihara Kodok dan Ular.
Mike Baker Blake Woodruff Anak laki-laki yang memiliki hobi karate dan permainan hockey.
Kyle and Nigel Baker Shane Kinsman (Kyle)
Brent Kinsman (Nigel)
Kyle dan Nigel adalah anak bungsu keluarga ini. Mereka adalah anak kembar yang sangat identik.
Hank Ashton Kutcher Kekasih Nora yang sangat membenci keluarga Nora. Ia seorang model dan memiliki obsesi lebih terkenal lagi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]