Charles de Lannoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangCharles de Lannoy

Biografi
Kelahirank. 1487 (Kalender Masehi Gregorius)
Valenciennes
Kematian23 September 1527 (Kalender Masehi Gregorius) (39/40 tahun)
Gaeta
Tempat pemakamanSant'Anna dei Lombardi Galat: Kedua parameter tahun harus terisi!
Caballerizo mayor del rey
Kegiatan
Pekerjaanprajurit, personel militer
Pangkat militerJenderal
KonflikPeperangan Italia
Keluarga
KeluargaWangsa de Lannoy
AnakPhilip de Lannoy, 1st Prince of Sulmona, Giorgio de Lannoy, 2.Duca di Bojano, Clemente de Lannoy, Baron di Prata, Filippo de Lannoy, 2.Principe di Sulmona
Orang tuaJean de Lannoy, Seigneur de Mingoval Philippote de Lalaing
Penghargaan

[[Berkas: |100px|alt= Lambang kebesaran Charles de Lannoy]]

Charles de Lannoy (skt. 148723 September 1527) merupakan seorang prajurit dan negarawan dari Tujuh Belas Provinsi, Belgia. Ia bekerja untuk kaisar-kaisar Wangsa Habsburg Maximilian I dan Karl V.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia berasal dari keluarga bangsawan de Lannoy. Charles de Lannoy lahir sebagai putra yang lebih muda dari Jean IV de Lannoy, Lord Mingoval, ia sendiri adalah keponakan Jean III de Lannoy. Ibundanya adalah Philipotte de Lalaing (skt. 1487). Pada tahun 1509, ia menikahi Francoise de Montbel, dan memiliki beberapa anak. Pada tahun 1526 ia menjadi comte pertama Lannoy dan Mayordomo mayor untuk kaisar. Ia digantikan oleh putranya Filippo di Lannoy.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia bekerja untuk Kaisar Maximilian I dan memenangkan penghargaan atas keberanian dan kepemimpinan. Ia diangkat menjadi anggota dewan Charles dari Bourgogne; kemudian Kaisar Karl V dan Caballerizo mayor pada tahun 1515. Ia dilantik sebagai ksatria Ordo Bulu Emas pada tahun 1516. Ia menjadi gubernur Tournai pada tahun 1521. Ia bekerja sebagai Viceroy Napoli dari tahun 1522 hingga 1523. Ia menjadi kepala pasukan kerajaan di Italia setelah kematian Prospero Colonna pada akhir tahun 1523.

Pengalaman utamanya dalam peperangan era itu terutama terdiri dari Perang Italia 1521–26 dan Perang Liga Cognac. Ia mengepalai Pertempuran Sesia (1524), dan pengepungan Marseille (1524) dan Pavia (1525).

Ia meninggal karena sakit mendadak di Napoli pada tanggal 23 September 1527.