Cerek-es

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cerek es
Chionis

Snowy sheathbill (C. albus)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliChionididae
GenusChionis
Forster, 1788
Species
Chionis albus
Chionis minor

Cerek-es atau burung paruh-selubung (terjemahan harfiah dari bahasa Inggris) adalah keluarga burung, Chionidae . Diklasifikasikan dalam ordo burung perandai Charadriiformes, famili ini terdiri dari satu genus, Chionis dengan dua spesies. Mereka berkembang biak di pulau - pulau subantartika dan Semenanjung Antartika, dan cerek es salju bermigrasi ke Kepulauan Falkland dan pesisir selatan Amerika Selatan pada musim dingin bagian selatan; mereka adalah satu-satunya keluarga burung endemik sebagai penangkar di kawasan Antartika. [1] Mereka juga satu-satunya burung Antartika yang tidak mempunyai kaki berselaput.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Mereka memiliki bulu berwarna putih termasuk lapisan bulu bawah yang tebal, dengan hanya warna wajah dan kaki yang membedakan kedua spesies tersebut. Mereka terlihat montok dan mirip merpati, tetapi diyakini mirip dengan nenek moyang burung camar dan dara laut modern. Ada taji yang belum sempurna pada sendi "pergelangan tangan" (karpal), seperti pada cerek . Kulit di sekitar mata telanjang, begitu pula kulit di atas paruh, yang mengalami pembengkakan karbunkular. Nama Inggris untuk burung ini adalah sheathbill ("paruh berselaput kulit") yang berasal dari semacam lapisan keriput kasar yang menutupi sebagian rahang atas paruh mereka yang kokoh. [2] Mereka umumnya dikenal di Antartika sebagai "Mutts" karena panggilan mereka yang lembut "Mutt, mutt, mutt"

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Cerek es biasanya berjalan di tanah, seperti burung mandar . Mereka terbang hanya ketika khawatir atau sedang bermigrasi, tampak seperti merpati .

Makanan dan pemberian makan[sunting | sunting sumber]

Burung ini merupakan pemakan bangkai dan pemakan oportunistik, memakan invertebrata, kotoran, dan bangkai — termasuk anak anjing laut yang baru lahir dan anak anjing laut yang lahir mati — di antara garis pasang surut.[butuh rujukan]</link>[ rujukan? ]Mereka juga mengambil banyak anaknya dan telur dari penguin dan burung kormoran .

Burung tersebut juga terlihat mencuri susu secara langsung dari puting anjing laut gajah .[3]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Selama musim kawin penguin, yang juga merupakan musim kawin burung cerek es pasangan burung paruh dalam koloni penguin mempertahankan wilayah yang mencakup sejumlah sarang penguin. Dua burung cerek es yang dikawinkan sering kali bekerja sama untuk mengganggu penguin dewasa, dengan gesit menghindari upaya mereka untuk mematuk; mereka mendapatkan akses ke telur atau anak ayam atau mencuri udang kecil yang dimuntahkan penguin dewasa untuk memberi makan anak-anaknya. Di dekat beberapa pemukiman manusia di wilayah tersebut, mereka dengan berani mencari jeroan. Karena pola makan ini, mereka menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan diri. [4]

Mereka bertelur dua atau tiga butir telur berwarna putih bercak di celah-celah atau rongga batu. [5] Sarangnya dilapisi rumput laut, batu, bulu, guano, tulang, dan kadang-kadang sampah plastik; bahkan anaknya yang mati pun tidak boleh dikeluarkan. Inkubasi berlangsung 28 hingga 32 hari, dan anak muda menjadi dewasa 50 hingga 60 hari kemudian. [6]

Gambar Nama yang umum Nama ilmiah Distribusi
</img> Cerek-es salju Chionis albus di Antartika, Scotia Arc, South Orkneys, dan South Georgia
</img> Cerek-es muka-hitam Chionis di bawah umur Wilayah Kepulauan Pangeran Edward di Afrika Selatan, wilayah Prancis di Kepulauan Crozet dan Kepulauan Kerguelen, dan wilayah Pulau Heard di Australia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mead, Christopher J.; Richford, Andrew S. (2003). "Sheathbills". Dalam Perrins, Christopher. The Firefly Encyclopedia of BirdsPerlu mendaftar (gratis). Firefly Books. hlm. 256–257. ISBN 1-55297-777-3. 
  2. ^ Mead, Christopher J.; Richford, Andrew S. (2003). "Sheathbills". Dalam Perrins, Christopher. The Firefly Encyclopedia of BirdsPerlu mendaftar (gratis). Firefly Books. hlm. 256–257. ISBN 1-55297-777-3. 
  3. ^ Sazima. "Cleaner birds: an overview for the Neotropics". Museu de Zoologia, Universidade Estadual de Campinas. 10 (4). 
  4. ^ Mead, Christopher J.; Richford, Andrew S. (2003). "Sheathbills". Dalam Perrins, Christopher. The Firefly Encyclopedia of BirdsPerlu mendaftar (gratis). Firefly Books. hlm. 256–257. ISBN 1-55297-777-3. 
  5. ^ Harrison, Colin J.O. (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 109. ISBN 1-85391-186-0. 
  6. ^ Mead, Christopher J.; Richford, Andrew S. (2003). "Sheathbills". Dalam Perrins, Christopher. The Firefly Encyclopedia of BirdsPerlu mendaftar (gratis). Firefly Books. hlm. 256–257. ISBN 1-55297-777-3.