Centriscidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Centriscidae
Centriscus scutatus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Superfamili:
Famili:
Centriscidae

Genus

Lihat teks

Centriscidae adalah sebuah famili ikan dari ordo Syngnathiformes.[2] Anggotanya hanya terdiri dari selusin spesies laut. Spesies dalam famili ini terbatas di kawasan tropis Indo-Pasifik yang relatif dangkal.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Mereka memiliki tubuh yang sangat padat. Tubuhnya berbentuk seperti pisau cukur yang memiliki tepi perut yang tajam dan permukaan punggung yang profilnya hampir lurus, berakhir dengan moncong panjang yang memiliki mulut kecil dengan rahang seperti penjepit yang tidak memiliki gigi. Bagian sirip punggung yang berduri terletak dekat dengan ekor, serta terdiri dari satu duri yang panjang dan tajam di ujung anterior dengan dua duri yang lebih pendek di belakangnya. Bagian belakang sirip punggung dan sirip ekor yang lunak terletak pada permukaan perut dan terletak di bawah bagian paling belakang tubuh yang runcing. Sirip perut berukuran kecil dan terletak di sekitar tengah tubuhnya sedangkan sirip dada lebih besar. Tubuhnya hampir seluruhnya ditutupi pelat tulang tipis dan tembus cahaya yang terbentuk dari perluasan tulang belakangnya. Spesies dalam famili ini tidak mempunyai gurat sisi. Ikan ini cenderung berenang dengan kepala mengarah ke substrat, meskipun alasan mereka melakukan hal ini tidak jelas. Beberapa spesies hidup di padang lamun sementara spesies lainnya merupakan ikan karang. Anggotaya merupakan pemakan zooplankton.[3]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa klasifikasi, subfamili Macroramphosinae dinaikkan ke tingkat famili Macroramphosidae.[4] Penempatan genus Centriscops tidak jelas, sedangkan ITIS menempatkannya di Macroramphosidae, seperti halnya pada Nelson edisi ke-5 (2016).[5]

Dua genus yang saat ini diklasifikasikan dalam Centriscidae adalah:[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ WoRMS (2017). Nicolas Bailly, ed. "Centriscidae Bonaparte, 1831". FishBase. World Register of Marine Species. Diakses tanggal 12 June 2018. 
  2. ^ Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2018). "Centriscidae" in FishBase. February 2018 version.
  3. ^ Dianne J. Bray. "Razorfishes, Centriscidae". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diakses tanggal 12 June 2018. 
  4. ^ "Macroramphosidae". Integrated Taxonomic Information System. Diakses tanggal 3 April 2006. 
  5. ^ a b Nelson, JS; Grande, TC; Wilson, MVH (2016). Classification of fishes from Fishes of the World 5th Edition. John Wiley & Sons. hlm. 410. ISBN 978-1119220817.