Gurat sisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan gurat sisi pada seekor cucut
Sederetan sisik dengan gurat sisi (tengah) pada ikan Rutilus rutilus.

Gurat sisi (Ingg.: lateral line, Lat.: linea lateralis) adalah semacam indera peraba yang ditemui pada hewan-hewan vertebrata akuatik, terutama pada ikan. Indera ini khususnya digunakan untuk mengetahui perubahan getaran dan pergerakan pada kolom air di sekitarnya. Kemampuan menginderia ini dimungkinkan oleh adanya modifikasi sel-sel epitelial, yang dikenal sebagai sel-sel rambut, yang dapat mendeteksi pergeseran atau perpindahan massa air akibat pergerakan ikan atau gerakan lainnya, dan mengubahnya menjadi impuls listrik melalui suatu sinapsis penerima rangsang.

Terkait dengan fungsinya, gurat sisi berperan penting dalam orientasi lingkungan, perilaku menggerombol, dan juga predasi. Ikan pemangsa misalnya, dengan menggunakan gurat sisi, dapat menginderia dan melacak mangsanya melalui jejak vorteks, yakni semacam turbulensi air yang ditinggalkan ikan ketika berenang cepat melarikan diri.

Gurat sisi, sebagaimana namanya, biasa nampak sebagai garis samar-samar di sisi tubuh ikan, dari wilayah sekitar operkulum (tutup insang) ke belakang tubuh hingga pangkal ekor. Pada sebagian spesies, organ penginderia pada gurat sisi ini berubah fungsi menjadi semacam elektroreseptor yang dapat mendeteksi impuls listrik di sekitar ikan. Pada kebanyakan larva amfibia, dan juga dewasa dari beberapa jenisnya yang sepenuhnya akuatik, didapati sistem indera peraba mekanosensitif yang setara dengan gurat sisi[1].

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Budelmann, Bernd U.; Bleckmann, Horst (1988). "A lateral line analogue in cephalopods: Water waves generate microphonic potentials in the epidermal head lines of Sepia and Lolliguncula". Journal of Comparative Physiology A 164 (1): 1–5. doi:10.1007/BF00612711. PMID 3236259. 

Referensi[sunting | sunting sumber]