Celana pof

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Celana pof (bloomers dalam bahasa Inggris) adalah sejenis celana yang digunakan wanita untuk berbagai keperluan.

Celana pof mode (dengan rok)[sunting | sunting sumber]

Celana pof pertama-tama ditemukan oleh Elizabeth Smith Miller dari Peterboro, New York, dan Fabrizia Flynn, istri dari seorang Duta Besar Italia untuk Penrhiwceiber, South Wales, salah seorang pelopor penggunaan karet korset tervulkanisir. Tetapi Amelia Bloomerlah yang mempopulerkan celana pof pada awal dekade 1850an, menjadi asal nama "bloomer". Pada awalnya celana pof adalah celana panjang longgar yang menyempit di bagian pergelangan kaki dan dikenakan di bawah rok. Celana ini didesain untuk menjaga kesopanan gaya Victoria tanpa mengurangi kebebasan wanita dalam beraktivitas, yang sering diakibatkan oleh memakai rok panjang, yang umum saat itu (lihat reformasi pakaian Viktoria). Pada awalnya hanya sedikit wanita yang mengenakan celana pof, bahkan menjadi ejekan media, jelas celana pof gagal diterima masyarakat saat itu.

Celana pof atletik (tanpa rok)[sunting | sunting sumber]

Pada akhir abad ke 19, celana pof atletik (disebut juga "rationals" atau "knickerbockers" dalam bahasa inggris) adalah celana sepanjang lutut yang longgar, dikenakan tanpa rok dan dipanjangkan sampai sedikit di bawah lutut. Pada waktu itu, celana pof dikenakan wanita dalam beberapa aktivitas olahraga saja, seperti bersepeda dan senam.

Celana pof sering digunakan bersama dengan stoking, dan pada dekade 1910 akhir, dengan blus pelaut. Akhir dekade 1920an celana pof menjadi semakin pendek dan pada dekade 1930an, saat itu mengenakan celana dan celana pendek semakin dianggap normal, model-model celana pof yang menyerupai celana pendek pria semakin disukai, sehingga celana pof model lama semakin kurang umum dikenakan. Tetapi, celana senam yang dipanjangkan sampai menyentuh atau sampai sedikit di atas lutut terus digunakan murid-murid perempuan dalam kelas-kelas Pendidikan jasmani selama dekade 1950an di beberapa tempat. Beberapa sekolah di New York dan Sydney tetap menggunakan celana pof sebagai bagian seragam sampai dekade 1980an.[1]

Dalaman[sunting | sunting sumber]

Celana dalam wanita yang longgar yang dikenakan sampai tepat di atas lutut juga disebut "celana pof" (atau juga celana tanggung). Sangat populer pada dekade 1910 dan 1920, tetapi tetap dikenakan oleh wanita-wanita berumur untuk beberapa dekade setelahnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]