Cape Canaveral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cape Canaveral dari angkasa, Agustus 1991

Cape Canaveral adalah sebongkah tanah di Brevard County, Florida, Amerika Serikat, dekat dengan pusat pesisir Atlantik. Canaveral merupakan bagian dari daerah yang dikenal sebagai Pesisir Angkasa, dan merupakan tempat dari Kennedy Space Center (Pusat Antariksa Kennedy), dan Cape Canaveral Air Force Station. Kebanyakan pesawat luar angkasa Amerika Serikat diluncurkan dari salah satu tempat ini. Canaveral berseberangan dengan Pulau Merritt di timur, dipisahkan dengan Sungai Banana.

Dari 1963 sampai 1973 Cape Canaveral disebut sebagai Cape Kennedy: Presiden John F. Kennedy adalah seorang pendukung antusias dari program antariksa, dan setelah pembunuhannya di 1963, jandanya Jacqueline Kennedy mengusulkan kepada Presiden Lyndon Johnson menamakan fasilitas angkasa Cape Canaveral akan menjadi memorial yang sangat baik. Namun, Johnson merekomendasikan tidak hanya menamakan fasilitas tersebut, namun juga tanjungnya secara keseluruhan. Oleh karena itu, Cape Canaveral dinamakan menjadi Cape Kennedy.

Meskipun penggantian nama ini disetujui oleh United States Board on Geographic Names (Badan Nama-Nama Geografi) dari Departemen Dalam Negeri pada 1964, namun tidak populer di Florida dan pada 1973 pemerintah negara bagian tersebut mengesahkan undang-undang yang mengembalikan nama lama yang telah digunakan selama 400 tahun; keputusan ini disetujui Badan Nama-Nama Geografi. Keluarga Kennedy mengeluarkan surat yang menyatakan "pengertian atas keputusan itu". Pusat Antariksa Kennedy tetap menggunakan nama "Kennedy".

Sebagai tambahan, Cape Canaveral juga merupakan tempat dari sebuah pangkalan angkatan udara, mercu suar abad ke-19, dan kota Cape Canaveral.

Roket pertama yang diluncurkan dari tanjung ini adalah Bumper 8 dari Launch Pad 3 pada 24 Juli 1950. Pada 6 Februari 1959 uji coba pertama yang sukses meluncurkan rudal balistik antarbenua terjadi di sini. Seluruh penerbangan angkasa berawak AS telah diluncurkan dari sini.

Capa Canaveral dipilih untuk peluncuran roket untuk mengambil kelebihan dari rotasi bumi. Di katulistiwa, gaya sentrifugal dari rotasi bumi mencapai maksimum. Dan juga sangat baik bila lokasinya berada di tempat yang jarang penduduknya, idealnya sebuah samudra, bila terjadi kecelakaan. Oleh karena itu roket sebaiknya diluncurkan dari pesisir timur dan mendekati ekuator. Bagi Amerika Serikat, Florida merupakan tempat paling selatan dan timur.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]