Kanon Pachelbel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Canon Pachelbel, disebut juga Canon di D mayor atau Canon dan Gigue dengan tiga biola dan basso continuo (Kanon und Gigue für 3 Violinen mit Generalbaß, Canon per 3 Violini e basso di Italia, Canon i Giga en Re Major per a tres violins i baix continu di Katalan, Canon īhuān tematumalli nāuhmetica di Nahuatl, Kanon i Gigue na troje skryzpiec i basso continuo di Polandia) (PWC 37, T. 337, PC 338), adalah karya yang terkenal dari Johann Pachelbel. Awalnya dimainkan dengan tiga biola dan basso continuo dan digabungkan dengan Gigue dengan nada yang sama. Seperti karya-karya lain buatan Johann Pachelbel dan komponis sebelum tahun 1700, Canon terlupakan berabad-abad sampai ditemukan pada abad ke-20. Beberapa dekade setelah dipublikasikan pada tahun 1919, lagu ini menjadi sangat terkenal, dan sekarang sering dimainkan pada acara pernikahan dan disertakan pada kompilasi musik klasik, karya terkenal lainnya adalah Udara dalam senar G Mayor oleh Johann Sebastian Bach.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun Pachelbel terkenal dengan lagu klasiknya,sebagian besar dari karya tersebut hilang. Hanya Musikalsche Ergötzung, sebuah koleksi dari partitas di diterbitkan Pachelbel seumur hidupnya, dikenal, dan beberapa potongan lagu terisolasi di naskah. Canon dan Gigue dengan tiga biola dan basso continuo adalah salah satu potongan tersebut. Sebuah naskah utuh salinan yang masih ada, Mus.MS 16481 terdapat di Perpustakaan Negara Berlin, yang mengandung dua lagu klasik; salinan yang lain, yang sebelumnya disimpan di Hoschule der Künste, telah hilang.[1] Keadaan potongan komposisi tersebut masih belum diketahui. Salah satu penulis mengatakan bahwa Canon mungkin dibuat untuk pernikahan Johann Christoph Bach, pada 23 Oktober 1694, yang dihadiri Pachelbel. Musik pada acara ini dimainkan oleh Johann Ambrosius Bach, Pachelbel, dan lainnya.[2] Johann Christoph Bach adalah mantan murid Pachelbel, dan merupakan saudara tertua dari Johann Sebastian Bach

Canon (tanpa Gigue) telah dipublikasikan pertama kali pada 1919 oleh pelajar Gustav Beckmann, orang yang memasukkan lagu ke artikelnya di "Pachelbel's Chamber Music". Penemuannya terinspirasi dan didukung oleh pelajar musik Max Seiffert, orang yang mempublikasikan aransemen Canon dan Gigue di serial Organumnya pada 1929. Namun, edisi tersebut mengandung sejumlah artikulasi dan dinamika yang tidak terdapat di lagu aslinya; selanjutnya, Seiffert menyediakan tempo yang dianggap tepat dengan potongan lagu yang asli, tapi tidak didukung penemuan-penemuan baru. Canon pertama kali dimainkan pada 1940 oleh Arthur Fiedler, dan potongan lagu tersebut pertama kali dimainkan dengan hebat di orkestra Jean-François Paillard

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Welter, Kathryn J. 1998. "Johann Pachelbel: Organist, Teacher, Composer, A Critical Reexamination of His Life, Works, and Historically Significance", p. 363. Diss., Harvard University, Cambridge, Massachusetts.
  2. ^ Schulze, Hans-Joachim. "Johann Christoph Bach (21671–1721) "Organist and Schul Collega in Ohrdruf", Johann Sebastian Bach erster Lehrer", in Bach Jahrbuch 71 (1985): 70 and footnote 79.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Pachelbel's Canon