Bahasa Nahuatl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nahuatl (nāhuatl ['naː.watɬ])[1] adalah suatu istilah berlaku untuk suatu kelompok berbagai dialek dan bahasa terkait dari bangsa Aztek [2] keluarga bahasa cabang Uto-Aztecan, berasal dari pusat Meksiko. Dituturkan oleh lebih dari 1,5 juta orang-orang di Meksiko, dan di bawah "Hukum hak Ilmu bahasa" Nahuatl dikenali sebagai "bahasa nasional" yang mempunyai "status" yang sama di Meksiko seperti Bahasa Spanyol dan bahasa lainnya berasal dari pribumi Meksiko [1]. Nahuatl dikenal di luar Meksiko terutama sekali karena bangsa Aztec berbicara Nahuatl, suatu varian sekarang dikenal sebagai Nahuatl klasik.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Nahuatl adalah (bersama dengan Bahasa Maya) salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di keluarga bahasa Pribumi Amerika di Meksiko dan di Amerika utara secara keseluruhan. Seperti halnya dengan bahasa pribumi Meksiko lainnya, banyak dari para pembicara Nahuatl adalah dwibahasa, mempunyai pengetahuan bahasa Spanyol. Di masa lalu, cukup banyak para pembicara Nahuatl di luar Lembah Meksiko mengenal bahasa dua bahasa selain dari Spanyol, menuturkan Nahuatl, sebagai bahasa ibu mereka, dan beberapa bahasa pribumi lainnya. Suatu contoh penutur dwi bahasa terkenal adalah Malintzin (" La Malinche"), perempuan pribumi yang menerjemahkan antara Nahuatl dan Bahasa Maya (Ia kemudiannya mempelajari Bahasa Spanyol juga) untuk Hernán Cortés.

Diperkirakan ada 1,5 juta orang-orang yang berbicara satu atau lebih Dialek Nahuatl, sebagian dari berbagai dialek ini tak dapat dipahami satu sama lain. Semua dari dialek ini menunjukkan pengaruh dari bahasa Spanyol dalam berbagai derajat tingkat, beberapa di antaranya jauh lebih terpengaruh dibanding yang lain. Tidak ada saupun dialek modern yang serupa dengan Nahuatl klasik, tetapi yang dituturkan di sekitar Lembah Meksiko biasanya lebih mirip dengan ŋahuatl Klasik dibanding dengan yang lainnya.

Sering istilah Nahuatl digunakan secara rinci berkenaan dengan Nahuatl klasik, bahasa administratif kerajaan Aztec. Aztecs telah didahului dan dikelilingi oleh budaya dengan bahasa Nahuatl lainnya, yang bahsanya pasti berbeda sedikit dengan mereka. Kebudayaan ini meliputi Tepaneca, Acolhua, Tlaxcalteca, dan Xochimilca; dan Nahuatl barangkali salah satu bahasa yang dituturkan di Teotihuacan. Ketika kelompok ini menjadi utama, Nahuatl, dan terutamanya Nahuatl klasik setelah keadaan berkuasa Aztec kerajaan, telah digunakan sebagai bahasa penghubung di Amerika Tengah permulaan dari abad ke-12 sampai abad ke-16, di mana waktu pengaruh dan keunggulannya telah diatasi oleh penaklukan Meksiko oleh Spanyol. Karena kita hanya mempunyai dokumentasi yang tersedia dari waktu itu, dan karena Spanyol dihadapkan terutamanya dengan Mexica di administrati mereka, aktivitas ilmiah dan religius, Nahuatl klasik adalah awal format bahasa ŋahuatl yang paling tersedia, dan yang paling bergengsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kata ini mempunyai beberapa variasi pengejaan, yang meliputi: Náhuatl, Naoatl, Nauatl, Nahuatl, Nawatl. Pada bahasa Spanyol Meksiko ejaan standar adalah náhuatl dengan suatu aksen pada suku kata yang pertama. ( N huruf kecil sebab Spanyol tidak mengkapitalkan nama bahasa.)
  2. ^ juga disebut Nahuan.