Johann Pachelbel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Johann Pachelbel (lahir di Nürnberg, 1 September 1653 – meninggal 9 Maret 1706 pada umur 52 tahun)[1] adalah seorang komponis Barok berkebangsaan Jerman. Ia banyak menghasilkan musik keagamaan maupun sekuler, dan sumbangsihnya terhadap perkembangan choral prelude dan fugue menempatkannya sebagai salah satu komponis zaman Barok pertengahan terpenting.[2] Karyanya yang paling terkenal adalah Canon dalam D, satu-satunya kanon yang ia gubah. Selain itu, beberapa karya lainnya yang terkenal adalah Chaconne dalam F minor, Toccata dalam E minor untuk organ, dan Hexachordum Apollinis, sekelompok variasi keyboard.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tanggal 1 September 1653 merupakan tanggal Pachelbel dibaptis. Tanggal lahirnya tidak diketahui, namun diperkirakan sekitar Agustus 1653. Tanggal wafat Pachelbel juga samar; ia dimakamkan pada 9 Maret 1706. Menurut Johann Mattheson, yang karyanya Grundlage einer Ehrenpforte (Hamburg, 1740) merupakan salah satu sumber terpenting mengenai kehidupan Pachelbel, kemungkinan Pachelbel meninggal pada 3 atau 7 Maret 1706.
  2. ^ Butler, H. Joseph. "Pachelbel: (1) Johann Pachelbel: 3. Liturgical organ music", Grove Music Online, ed. L. Macy (diakses pada 23 Maret 2007), grovemusic.com (akses berlangganan).
  3. ^ "Pachelbel, Johann" The Concise Oxford Dictionary of Music, Ed. Michael Kennedy, (Oxford University Press, 1996) Oxford Reference Online, (diakses pada 21 Maret 2007) [1] (akses berlangganan)