Caciocavallo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Caciocavallo
Caciocavallo Silano.jpg
Negara asal Italia
Wilayah Selatan Italia
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Lembut
Kadar lemak 38%
Waktu pematangan 15 hari[1]

Caciocavallo adalah keju jenis pasta filata dari Italia yang dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] Kata cavallo dalam bahasa Italia berarti "kuda".[2] Karena itulah banyak yang mengira kalau keju ini pertama kali dibuat dengan menggunakan susu kuda.[2] Namun tidak ada bukti bahwa keju ini dibuat dengan susu kuda.[3] Penjelasaan lainnya menyatakan bahwa nama keju ini berasal dari metode pembuatannya yang menggantungkan sepasang keju di atas tiang seperti pada pelana kuda.[3] [2] Bentuk dari keju ini bundar ataupun kerucut dengan bagian ujungnya yang lebih kecil.[1] Kulit keju Caciocavallo halus dan memiliki warna coklat muda atau kuning.[1] Terkadang dalam proses pembuatannya segumpal mentega ditaruh di bagian dalam keju sehingga ketika keju ini dipotong mentega tersebut mengalir keluar.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 74-75.
  2. ^ a b c d (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 48.
  3. ^ a b (Inggris) Caciocavallo Cheese, Practically Edible. Diakses pada 20 Mei 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]