Cabang raksasa asimtotik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Evolusi bintang-bintang dari berbagai massa yang berbeda ditunjukkan dalam diagram Hertzsprung-Russell. Cabang raksasa asimtotik ditandai sebagai AGB pada kasus sebuah bintang yang memiliki 2 kali massa matahari.

Cabang raksasa asimtotik (bahasa Inggris: asymtotic giant branch, disingkat AGB) adalah suatu wilayah pada diagram Hertzsprung-Russell yang dihuni oleh bintang-bintang yang berevolusi yang bermassa rendah sampai menengah. Ini adalah sebuah periode evolusi bintang yang dilalui oleh semua bintang bermassa rendah sampai menengah (0,6-10 massa matahari) pada fase lanjut dari kehidupan mereka.

Berdasarkan hasil pengamatan, sebuah bintang dari cabang raksasa asimtotik akan muncul sebagai sebuah raksasa merah. Struktur interiornya bercirikan suatu inti pusat yang lembam yang terdiri dari karbon dan oksigen, suatu kulit yang merupakan tempat helium mengalami fusi untuk membentuk karbon (dikenal sebagai pembakaran helium), suatu kulit lainnya tempat hidrogen mengalami fusi untuk membentuk helium (dikenal sebagai pembakaran hidrogen), dan suatu pembungkus sangat besar yang memiliki komposisi material mirip dengan bintang normal lainnya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lattanzio J. and Forestini, M. (1998), Nucleosynthesis in AGB Stars, IAU Symposium on AGB Stars, Montpellier

Lihat pula[sunting | sunting sumber]