CTV National News

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
CTV National News
Format program berita
Pembuat Charles Lynch
(1961-?)
Peter Stursberg
(1961-?)
Peter Jennings
(1961-1964)
Harvey Kirck
(1965-1984)
Pemeran Lloyd Robertson
(1976–sekarang)
Sandie Rinaldo
(1985-1989 & 1991-sekarang)
Negara Kanada
Produksi
Durasi 30 menit
Siaran
Saluran asli CTV
Format gambar 480i (SDTV)
Periode siaran 1961–sekarang


CTV National News adalah program berita unggulan CTV Kanada. Program berita ini ditayangkan setiap hari pada pukul 23.00 di stasiun televisi yang berafiliasi dengan CTV di Kanada, atau siaran langsung pada pukul 22.00 Waktu Timur, dan diulang setiap jam hingga pukul 02.00 dini hari Waktu Timur oleh CTV Newsnet. Edisi hari sebelumnya bisa disaksikan di situs web CTV. Awalnya, program berita berdurasi 20 menit, namun diperpanjang menjadi setengah jam pada tahun 1980-an.

Lloyd Robertson adalah pembawa berita yang telah membawakan edisi hari kerja CTV National News sejak tahun 1976. Sementara itu, edisi akhir pekan dibawakan oleh Sandie Rinaldo. Sejak tahun 1990-an, program berita ini lebih sering disebut CTV News with Lloyd Robertson (edisi hari kerja), dan CTV News with Sandie Rinaldo (edisi akhir pekan).

Setelah CTV News dijadikan nama program berita nasional dan lokal di berbagai stasiun televisi yang dioperasikan dan dimiliki CTV, nama CTV National News secara tidak resmi diperkenalkan kembali. Berita hari kerja juga dibawakan oleh Sandie Rinaldo sebagai jangkar pengganti. Selain Rinaldo, Robertson juga dibantu oleh Beverly Thomson, Tom Clark, Lisa LaFlamme, Dan Matheson, dan Scott Laurie.

CTV mengiklankan program berita ini sebagai "tayangan berita nomor 1 di Kanada". Pesaingnya adalah program berita Global National pukul 17.30 dari Global Television Network dan The National pukul 22.00 dari CBC News.

Pembawa berita[sunting | sunting sumber]

Program berita ini diluncurkan tahun 1961 dengan nama CTV World News. Pengambilan gambar dilakukan di studio CJOH, Ottawa. Awalnya, CTV World News dibawakan oleh tiga jangkar berita, Charles Lynch, Peter Stursberg, dan Peter Jennings. Selain Jennings yang menjadi pembawa berita tetap, dua pembawa berita lainnya sering berganti-ganti. Baden Langton dan Ab Douglas termasuk di antara pembawa berita rekan Jennings. Larry Henderson, mantan pembawa acara The National juga pernah bertugas selama beberapa tahun sebagai analis internasional dan pembawa berita akhir pekan.

Selama musim tayang 1962-1963, CTV National News dipindahkan ke pukul 22.30, sementara pertunjukan beragam berjudul Network dipindahkan ke pukul 22.55. Pada waktu itu, CTV berusaha bersaing dengan program berita The National.

Setelah Jennings pindah ke ABC News pada tahun 1964, Harvey Kirck ditugaskan sebagai jangkar berita tunggal. Pada tahun 1976, program berita ini kembali memakai format dua pembawa berita. Lloyd Robertson yang sebelumnya menjadi jangkar berita The National direkrut untuk membawakan berita bersama Kirck. Setelah Kirck pensiun pada tahun 1984, Robertson menjadi jangkar berita tunggal hingga kini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]