Sikatan hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Burung sikatan hitam)
Sikatan hitam
Turdus merula
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
T. merula
Nama binomial
Turdus merula
Perkiraan persebaran spesies ditunjukkan dengan warna hijau
Turdus merula merula

Sikatan hitam (Turdus merula) adalah jenis burung pengicau dari keluarga Turdidae. Walau namanya tersemat kata sikatan, burung ini sebenarnya tergolong jenis burung anis. Ia berkembang biak di Eropa, Asia Barat, dan Afrika Utara, dan telah diperkenalkan ke Australia dan Selandia Baru. Ia memiliki sejumlah subspesies dalam wilayah jelajahnya yang luas; beberapa subspesies Asia kini diperlakukan secara luas sebagai spesies terpisah. Tergantung pada garis lintang , burung hitam yang umum mungkin menetap , bermigrasi sebagian , atau bermigrasi penuh.

Kedua jenis kelamin bersifat teritorial di tempat berkembang biak, dengan tampilan ancaman yang berbeda, namun lebih suka berteman selama migrasi dan di daerah musim dingin. Pasangan tinggal di wilayah mereka sepanjang tahun di mana iklimnya cukup sedang . Spesies yang umum dan mencolok ini telah memunculkan sejumlah referensi sastra dan budaya, yang sering kali berkaitan dengan lagunya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Sikatan hitam umum dari subspesies yang dicalonkan T. m. merula memiliki panjang 23,5–29 cm (9,3–11,4 inci), memiliki ekor yang panjang, dan berat 80–125 g (2,8–4,4 oz). Jantan dewasa memiliki bulu berwarna hitam mengkilat , kaki berwarna coklat kehitaman, cincin mata berwarna kuning, dan paruh berwarna oranye-kuning . Paruhnya agak gelap di musim dingin. Betina dewasa berwarna coklat jelaga dengan paruh kusam kekuningan kecoklatan, tenggorokan putih kecoklatan dan beberapa bintik lemah di dada. Remajanya mirip dengan betina, tetapi memiliki bintik-bintik pucat di bagian atas, dan remaja yang masih sangat muda juga memiliki payudara berbintik . Burung muda mempunyai warna coklat yang bervariasi, dengan burung yang lebih gelap mungkin jantan. Pejantan tahun pertama menyerupai pejantan dewasa, tetapi memiliki paruh gelap dan cincin mata lebih lemah, dan sayap terlipatnya berwarna coklat, bukan hitam seperti bulu tubuh.

Sebaran[sunting | sunting sumber]

Sikatan hitam biasa berkembang biak di Eurasia beriklim sedang, Afrika Utara, Kepulauan Canary , dan Asia Selatan. Telah diperkenalkan ke Australia dan Selandia Baru Populasinya menetap di wilayah selatan dan barat, meskipun burung utara bermigrasi ke selatan hingga Afrika utara dan Asia tropis di musim dingin. Burung jantan di perkotaan lebih cenderung melewati musim dingin di iklim yang lebih sejuk dibandingkan burung jantan di pedesaan, sebuah adaptasi yang dimungkinkan oleh iklim mikro yang lebih hangat dan makanan yang relatif berlimpah yang memungkinkan burung-burung tersebut membangun wilayah dan mulai bereproduksi di awal tahun. Penemuan sikatan hitam yang ditemukan di Pulau May menunjukkan bahwa burung ini biasanya bermigrasi dari Norwegia bagian selatan (atau dari Trondheim ke utara ) ke Skotlandia, dan beberapa seterusnya ke Irlandia. Sikatan hitam bercincin Skotlandia juga telah ditemukan di Inggris, Belgia, Belanda, Denmark, dan Swedia. Sikatan hitam betina di Skotlandia dan Inggris bagian utara lebih banyak bermigrasi (ke Irlandia) pada musim dingin dibandingkan burung hitam jantan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Turdus merula". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 5 July 2012. 

Baca juga[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Snow, David W. (1987). The Blackbird. Shire Natural History ISBN 0-85263-854-X
  • (Inggris) Snow, David W. (1958). "The breeding of the Blackbird Turdus merula at Oxford". Ibis. 100 (1): 1–30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Informasi khusus[sunting | sunting sumber]

Kicauan dan video[sunting | sunting sumber]