Burung-paus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burung-paus

Fairy prion
Diversitas
2 genera and 7 species
Genera
Pachyptila
Halobaena

Prion ( /ˈprɒn/ ) atau burung paus adalah burung petrel kecil dalam genera Pachyptila dan Halobaena . Mereka membentuk salah satu dari empat kelompok dalam Procellariidae bersama dengan petrel pengganggu, pengguntinglaut dan petrel fulmarin . Nama ini berasal dari bahasa Yunani priōn, yang berarti " gergaji ", mengacu pada tepi bergerigi pada paruh burung yang mirip gergaji.[1] [2]

Mereka ditemukan di Samudera Selatan dan berkembang biak di sejumlah pulau subantartika . Burung-paus umbuh 20 hingga 27 cm (7,9–10,6 in) panjang, dan memiliki bagian atas berwarna biru keabu-abuan dan bagian bawah berwarna putih. Tiga spesies prion memiliki paruh pipih dengan pinggiran lamela yang berfungsi sebagai saringan zooplankton .[3] Semua prion hidup di laut dan memakan krustasea kecil seperti kopepoda, ostracoda, dekapoda, dan krill, serta beberapa ikan seperti miktofida dan nototheniid .

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gotch, A. F. (1995) [1979]. "Albatrosses, Fulmars, Shearwaters, and Petrels". Latin Names Explained A Guide to the Scientific Classifications of Reptiles, Birds & Mammals. New York, NY: Facts on File. hlm. 191–192. ISBN 0-8160-3377-3. 
  2. ^ "Prion". The New Oxford American Dictionary (edisi ke-3rd). 2013. 
  3. ^ Maynard, B. J. (2003)