Burung-biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burung-biru
Sialia
Rekaman
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliTurdidae
GenusSialia
Swainson, 1827
Species

Burung-biru adalah kelompok burung berukuran sedang di Amerika Utara [1], sebagian besar merupakan burung pemakan serangga atau omnivora dalam ordo Passerine dalam genus Sialia dari keluarga anis (Turdidae). Bluebirds adalah salah satu dari sedikit genera burung anis di Amerika .

Burung-biru bertelur rata-rata 4 hingga 6 butir per sarang. Mereka biasanya akan mengeram dua atau tiga kali dalam setahun. Burung-biru bersarang dari bulan Maret hingga Agustus.

Burung-biru memiliki bulu berwarna biru, atau biru dan krem mawar. Burung betina memiliki warna yang kurang cerah dibandingkan burung jantan, meskipun pola warnanya serupa dan tidak ada perbedaan ukuran yang mencolok.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Sialia currucoides Burung-biru gunung Amerika Utara Bagian Barat
</img> Sialia mexicana Burung-biru barat California, Pegunungan Rocky bagian selatan, Arizona, dan New Mexico di Amerika Serikat, dan sejauh selatan negara bagian Oaxaca dan Veracruz di Meksiko
</img> Sial sialis Burung-biru timur Kanada bagian selatan tengah-timur hingga negara bagian Teluk AS, dan Arizona bagian tenggara hingga Nikaragua

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Burung-biru bersifat teritorial dan lebih menyukai padang rumput terbuka dengan pepohonan yang tersebar. Hal ini mirip dengan perilaku banyak spesies burung pelatuk . Burung-biru biasanya dapat menghasilkan antara dua hingga empat induk selama musim semi dan musim panas (Maret hingga Agustus di Amerika Serikat Bagian Timur Laut ). Jantan mengidentifikasi lokasi sarang yang potensial dan mencoba menarik calon pasangan betina ke lokasi bersarang tersebut dengan perilaku khusus yang mencakup bernyanyi dan mengepakkan sayap, lalu menempatkan beberapa bahan di dalam kotak atau rongga sarang. Jika betina menerima pejantan dan tempat bersarangnya, dia sendiri yang membangun sarang dan mengerami telurnya.

Predator burung biru muda di sarangnya bisa berupa ular, kucing, dan rakun. Spesies burung yang bersaing dengan burung biru untuk mendapatkan lokasi bersarang termasuk perling Eropa , gagak Amerika, dan burung gereja rumah, yang mengambil alih tempat bersarang burung biru, membunuh anak burung, menghancurkan telur, dan mungkin membunuh burung biru dewasa.[2]

Burung-biru tertarik pada platform pengumpan burung, berisi belatung kumbang gelap, yang dijual oleh banyak pedagang grosir produk burung online sebagai ulat bambu . Burung burung-biru juga akan memakan kismis yang direndam dalam air. Selain itu, di musim dingin, burung-biru menggunakan pemandian burung berpemanas di halaman belakang.

Pada tahun 1970-an, jumlah burung biru telah menurun dengan perkiraan berkisar hingga 70% karena kegagalan persaingan dengan burung pipit dan jalak, keduanya spesies pendatang, untuk membuat sarang, ditambah dengan penurunan habitat. Pada akhir tahun 2005, Laboratorium Ornitologi Universitas Cornell melaporkan penampakan burung biru di seluruh AS bagian selatan sebagai bagian dari Penghitungan Burung Halaman Belakang tahunan, yang merupakan indikasi kuat kembalinya burung biru ke wilayah tersebut. Peningkatan ini sebagian besar disebabkan oleh gerakan sukarelawan yang membangun dan memelihara jalur burung biru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What About the Other Bluebirds?". National Wildlife Federation. 1993-02-01. 
  2. ^ Gowaty, Patricia Adair (1984). "House Sparrows Kill Eastern Bluebirds" (PDF). Journal of Field Ornithology. 55 (3): 378–380. JSTOR 4512922.