Bursa Efek Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bursa Efek Australia
Australian Securities Exchange
Tipe Bursa saham
Lokasi Sydney, Australia
Didirikan 1987
pemilik ASX Limited
Mata uang Dolar Australia
Jumlah daftaran 2,122 (Januari 2013)[1]
MarketCap $1,4 trilyun (Januari 2013)[2]
Situs web www.asx.com.au
ASX Limited
Jenis Publik
Simbol saham ASXASX
Industri/jasa Pasar sekuritas
Didirikan 1987, tapi dating kembali ke tahun 1861
Kantor pusat Sydney, Australia
Tokoh penting Rick Holliday-Smith, (Ketua)
Elmer Funke Kupper, (CEO dan Direktur Mengelola)
Ramy Aziz, CFO
Pendapatan A$610.400 juta (2012)
Karyawan 502 (2012) [1]
Situs web http://www.asx.com.au

Bursa Efek Australia atau lebih dikenal dengan nama Australian Securities Exchange (ASX) adalah bursa efek utama di Australia. ASX diawali sebagai bursa swasta yang didirikan pada awal tahun 1861. Perdagangan di ASX dilakukan sepenuhnya dengan sistem perdagangan elektronik.

Australian Stock Exchange ("ASX") merupakan hasil penggabungan usaha (merger) antara Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchange, dan nama perusahaan hasil penggabungan usaha tersebut adalah Australian Securities Exchange ("ASX") sejak 5 Desember 2006.

Indeks pasar utama adalah S&P/ASX 200, indeks saham yang terdiri dari 200 saham terbesar pada ASX. Ini menggantikan indeks All Ordinaries signifikan sebelumnya, yang masih berjalan sejajar dengan S&P/ASX 200. Indeks lain untuk saham yang lebih besar adalah S&P/ASX 100 dan S&P/ASX 50.

Pasar perdagangan[sunting | sunting sumber]

Perdagangan berlangsung setiap hari kerja pada jam 10:00 pagi hinggajam 4:00 sore waktu Australia.[3] Berdasarkan data per Januari 2013, kapitalisasi pasar domestiknya sebesar $1,4 trilyun AUD dengan jumlah perusahaan publik yang terdaftar sebanyak 2.122 perusahaan.

Pialang saham yang mendominasi pasar perdagangan di ASX antara lain Macquarie Bank, UBS, Citigroup, Goldman Sachs JBWere, Merrill Lynch, CSFB, Deutsche Bank, ABN AMRO, Commonwealth Securities dan Morgan Stanley.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah bursa ini diawali dengan berdirinya enam bursa efek yang terpisah disetiap ibukota negara bagian yaitu di Melbourne (1861), Sydney (1871), Hobart (1882), Brisbane (1884), Adelaide (1887) dan Perth (1889).[4] . Sebuah bursa efek di Launceston juga bergabung dengan bursa di Hobart.

  • 1903: dilaksanakan konferensi antar negara bagian pada saat berlangsungnya Melbourne Cup. Bursa-bursa tersebut kemudian bertemu lagi secara informal sewaktu pendirian Australian Associated Stock Exchanges (AASE), dengan masing-masing mengirimkan perwakilannya.
  • 1960: Perdagangan dilakukan dengan sistem "call" dimana karyawan bursa meneriakkan nama setiap perusahaan dan masing-masing pialang mengajukan penawaran beli atau jual. Pada tahun 1960 ini sistem ini berubah menjadi sistem dengan memasukkan penawaran tertulis, dimana karyawan bursa yang disebut "chalkies" akan menuliskan tawaran beli ataupun jual dengan kapur tulis di papan tulis secara teratur dan mencatat setiap transaksi yang terjadi.
  • 1969: terjadi "booming" pada industri pertambangan yang dipicu oleh "Poseidon NL" yang menemukan nikel di Australia Barat.
  • 1976: didirikan Bursa Opsi Australia (Australian Options Market), yang memperdagangkan opsi
  • 1980: indeks bursa saham Melbourne dan Sydney yang sebelumnya masing-masing terpisah, digantikan dengan indeks Bursa Efek Australia (Australian Stock Exchange indices) .
  • 1984: aturan mengenai komisi pialang diterbitkan. Besaran komisi secara bertahap mengalami penurunan dimana besarnya komisi hari ini hanya sebesar 0,12% atau 0,1% yang dikenakan oleh pialang yang menggunakan Internet.
  • 1987: sebagai kelanjutan proyek yang sudah dirintis sejak tahun 1985, bursa-bursa yang terpisah teersebut bergabung untuk membentuk ASX. Juga pada tahun 1987 ini diperkenalkan sistem perdagangan secara elektronik yang diawali dengan beberapa saham yang diikuti secara bertahap oleh saham-saham lainnya dan lantai perdagangan bursa ditutup pada tahun 1990.
  • 1990: pasar perdagangan waran mulai diperkenalkan.
  • 1993: ditambahkan produk sekuriti dengan suku bunga tetap.Juga pada tahun 1993 ini dikembangkan sistem percepatan penyelesaian transaksi yang dikenal dengan nama "FAST system", dan pada tahun berikutnya diperkenalkan sistem penyelesaian transaksi yang diberi nama "CHESS system" untuk menggantikan sistem "FAST".
  • 1994: Sydney Futures Exchange (SFE) ( bursa berjangka Sydney) memperkenalkan kontrak berjangka atas saham ASX. ASX meresponnya dengan membuat penyelesaian harga opsi yang rendah (Low exercise price option-LEPO). SFE kemudian mengajukan gugatan ke pengadilan [5][6] yang menuntut bahwa LEPO merupakan perdagangan berjangka (yang sesungguhnya memiliki akiibat seperti kontrak berjangka) dan oleh karenanya ASX tidak diperkenankan untuk memperdagangkannya. Akan tetapi pengadilan memutuskan bahwa "LEPO" ini merupakan opsi dan oleh karenanya LEPO ini diperdagangkan secara resmi pada tahun 1995.
  • 1995: pajak atas transaksi saham diturunkan setengahnya dari 0,3% menjadi 0,15%. ASX membuat kesepakatan dengan pemerintah Queensland untuk menempatkan stafnya di Brisbane sebagai imbalan atas diberikannya pemotongan pajak disana, yang kemudian diikuti oleh negara bagian lainnya agar jangan sampai kehilangan lahan bisnis pialang yang dapat beralih semuannya ke Queensland. Pada tahun 2000 pajak ini diberlakukan secara sama disemua negara bagian Australia dalam bentuk Goods and Services Tax.
  • 1996: anggota bursa melakukan pemungutan suara untuk melakukan pemisahan. Bursa didirikan dengan nama ASX Limited dan pada tahun 1998 perusahaan tersebut didaftarkan sahamnya di bursa ASX .
  • 1997: suatu fase transisi ke sistem elektronik yang diberi nama "CLICK system" untuk perdagangan derivatif dimulai.
  • 2006: ASX mengumumkan penggabungan usaha (merger) dengan "Sydney Futures Exchange", yang merupakan bursa perdagangan derivatif utama di Australia.

Peraturan ASX[sunting | sunting sumber]

ASX dan Australian Securities and Investments Commission (ASIC) bersama-sama mengatur bursa ASX, dimana contoh aturan bersama tersebut antara lain :

  1. Sebagai bursa resmi, ASX memiliki kewajiban sah berdasarkan undang-undang perusahaan (Corporations Act) 2001 (Cth) (pasal 7.1, sub 3) untuk menjalankan perdagangan dengan cara "adil, tertib dan transparan".
  2. ASX harus memberikan informasi kepada ASIC mengenai perusahaan publik : s 792C.
  3. ASX harus membantu ASIC: s 792D.
  4. ASX harus memberikan ASIC akses ke bursa : s 792E.
  5. ASX dapat "mengajukan" suatu masalah kepada ASIC untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.
  6. ASIC wajib menginformasikan setiap perubahan aturan ASX : s 793D.
  7. Aturan ASX's dapat dinyatakan tidak berlaku oleh Menteri Keuangan : s 793E.
  8. ASIC melakukan pengawasan atas seluruh perizinan bursa termasuk ASX.

Penyelesaian transaksi[sunting | sunting sumber]

Investor memegang saham dalam dua bentuk yang semuanya dengan cara laporan akun bank dan bukannya dengan memegang sertifikat saham.

  • Sponsor penerbit: perusahaan mencatatkan saham yang dimiliki investor dan menerbitkan kepada investor suatu nomor registrasi pemegang saham ( Shareholder Registration Number -SRN) yang dapat digunakan sewaktu akan melakukan transaksi penjualan.
  • Sponsor pialang : pialang saham investor memberikan sponsornya kepada nasabah kedalam CHESS (Clearing House Electronic Subregister System). Investor diberikan nomor identifikasi pemegang (Holder Identification Number- HIN) dan laporan bulanan dikirimkan kepada investor oleh sistem CHESS .

Pemegang saham dapat beralih dari sponsor penerbiot ke sponsor pialang ataupun beralih antar pialang sesuai keinginannya.

Jual kosong[sunting | sunting sumber]

Jual kosong saham diperkenakan dilakukan pada bursa ASX, namun hanya pada saham-saham tertentu dan dengan persyaratan tertentu antara lain :

  • Order jual harus dilakukan pada harga yang tidak boleh lebih rendah daripada harga perdagangan terakhir.
  • Tidak boleh dilakukan perdagangan "short selling" atas lebih dari 10% saham yang diterbitkan (Pialang harus melaporkan posisi "short" bersihnya setiap hari kepada ASX .)
  • Marjin yang ditempatkan sekurangnya sebesar 20% dari nilai saham yang ditransasikan.

Opsi[sunting | sunting sumber]

Opsi atas saham-saham unggulan diperdagangkan pula di ASX, dengan menggunakan standar aturan atas "strike prices" dan masa jatuh tempo. Likuiditas disediakan oleh market makers yang berkewajiban menyediakan quota. Setiap market maker ditunjuk untuk menjadi "market maker" bagi 2 atau lebih saham" , dimana suatu saham dapat saja memiliki lebih dari satu "market maker" yang berkompetisi satu sama lainnya. "Market maker" dapat memilih salah satu ataupun keduanya dari :

  • Menciptakan pasar secara berkesinambungan pada suatu kelompok yang terdiri dari 18 opsi.
  • Menciptakan pasar sebagai tanggapan atas permintaan quota atas opsi manapun yang berjangka waktu di atas 9 bulan.

Terdapat minimim kuantiti pada kedua kasus di atas adalah antara 5 sampai 10 kontrak tergantung pada sahamnya dan maksimum rentang harga yang diperkenankan.

Sehubungan dengan tingginya risiko pada opsi maka pialang harus melakukan penyeledikan atas kemampuan nasabah sebelum memperkenankan nasabah tersebut terjun dalam perdagangan opsi.

Waran[sunting | sunting sumber]

Waran pada ASX adalah opsi atas perusahaan-perusahaan yang diterbitkan oleh pihak ketiga yang biasanya adalah bank investasi atau pialang besar. Penerbit memutuskan tenggang waktu penerbitan berdasarkan pertimbangan atas apa yang menjadi keinginan pasar sehingga tertarik untuk membeli. Pada saat pelaksanaan maka sipemegang waran bertransaksi langsung kepada penerbit tanpa melalui lembaga kliring. Waran ini dapat menjadi suatu sarana baik sebagai sarana perdagangan seperti opsi atau sebagai sarana investasi jangka panjang.

  • Perdagangan waran: Jual atau beli dengan berbagai cara, jatuh tempo dan besaran kontrak.
  • Waran knockout : seperti perdagangan waran tetapi dimulai dengan harga mendekati pasar (in-the-money) dan di batalkan (knocked-out) apabila harga sahamnya menyetuh harga yang ditetapkan (strike).
  • Waran angsuran : atau Installment warrant Opsi beli dengan pembayaran akhir tambahan yang harus dilakukan pada saat pelaksanaan. Pembayaran akhir adalah pinjaman yang diberikan oleh penerbit. Pemegang waran menerima deviden dan memiliki hak suara berdasarkan saham yang menjadi aset acuan.
  • Waran sumbangan: atau endowment warrant , adalah opsi beli dengan jatuh tempo yang panjang dan memiliki harga pelaksanaan yang bervariasi. Harga pelaksanaan mencerminkan jumlah yang harus dibayar, yang berkurang dengan adanya pembayaran deviden dan bertambah sesuai dengan suku bunga berjalan. de dasarnya adalah pemegang waran membayar dimuka katakanlah setengah dari harga saham (sebagai premi) dan sisanya dibayar dengan deviden misalnya 10 tahun. Apabila deviden tersebut dapat melunasi sisa harga lebih awal maka sipemegang menerima harga saham secara penuh pada saat itu juga.
  • Perth mint gold: Waran beli atas harga pelaksanaan yang rendah terhadap harga spot dari emas yang diterbitkan oleh Perth Mint. Cara kerjanya mirip suatu posisi "long" tanpa daya ungkit atas emas.

Waran diperdagangkan pada sistem SEATS sama seperti pada perdagangan saham. Penerbit menciptakan pasar atas waran mereka dengan cara menyediakan sekurangnya penawaran selama masa berlakunya waran.

Low exercise price options[sunting | sunting sumber]

Low exercise price option (LEPO) atau "pelaksanaan opsi berharga rendah" adalah opsi beli dengan gaya Eropa dengan harga pelaksanaan yang rendah seharga 0,01 AUD dan besaran kontrak sebanyak 1.000 saham yang harus diserahkan pada saat pelaksanaan. LEPO diperdagangkan pada marjin, dan seorang pedagang dapat memilih posisi "long" atau "short" ( posisi jual atau beli) . "Market maker" memastikan kesinambungan permintaan harga.

LEPO memiliki cara kerja serupa dengan kontrak berjangka. Gaya Eropa berarti bahwa opsi ini tidak dapat dilaksanakan sebelum tangal jatuh temponya, praktis preminya adalah seluruh harga saham, dan sipedagang hanya menempatkan marjin saja dan bukannya harga secara kezseluruhan.

LEPO mulai diperkenalkan pada tahun 1994, sebagai tanggapan atas penawaran kontrak berjangka atas saham AX pada perdagangan di "Sydney Futures Exchange" ( bursa berjangka Sydney) Saat ini LEPO tersedia atas 47 saham utama.

Pasar suku bunga[sunting | sunting sumber]

Pasar suku bunga di ASX adalah dalam bentuk obligasi swasta, surat utang bunga mengambang, obligasi konversi saham preferen yang terdaftar di bursa, dimana tata cara perdagangannya adalah sama dengan tata cara perdagangan saham yang berlaku.

Permainan pasar modal untuk sekolah[sunting | sunting sumber]

ASX menyediakan bagi siswa sekolah suatu kesempatan untuk secara maya melakukan investasi sebesar $50.000 AUD pada bursa efek dan melihat hasilnya setelah beberapa bulan. Siswa diperkenankan melakukan transaksi jual atau beli dengan menggunakan acuan harga saham yang berlaku ketika itu. Permainan pasar saham terakhir telah selesai pada tanggal 18 Juni 2007.

Kontrak berjangka[sunting | sunting sumber]

Kontrak berjangka yang diperdagangkan di ASX adalah kontrak berjangka atas ASX 50, ASX 200 dan indeks properti ASX , dan juga atas gabah, listrik dan wol. Dan juga diperdagangkan opsi atas kontrak berjangka gabah.

Kontrak berjangka ini diperdagangkan pada DTP, yaitu platform perdagangan derivatif (Derivatives Trading Platform) (yang juga dikenal dengan nama CLICK).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ASX Group
  2. ^ ASX Group
  3. ^ "ASX Market phases". Australian Stock Exchange. Diakses 2007-08-31. 
  4. ^ "History of ASX". Australian Stock Exchange. Diakses 2007-08-31. 
  5. ^ "SFE Ltd v ASX Ltd". Federal Court of Australia. Diakses 2006-07-24. 
  6. ^ "SFE Ltd v ASX Ltd and ASC (Intervener)". Federal Court of Australia. Diakses 2006-07-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]