Bunga cenderawasih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunga cenderawasih
Strelitzia reginae

Flower
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
Kladcommelinids
OrdoZingiberales
FamiliStrelitziaceae
GenusStrelitzia
SpesiesStrelitzia reginae
Aiton, 1789
Tata nama
Dinamakan berdasarkanCharlotte dari Mecklenburg-Strelitz
Distribusi
EndemikAfrika Selatan

Bunga cenderawasih, bunga bangau atau isigude (Strelitzia reginae)[1] adalah spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman tahunan yang selalu hijau, dibudidayakan secara luas untuk bunganya yang dramatis. Di daerah beriklim sedang itu adalah tanaman hias yang populer.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan ini tumbuh menjadi2 m (6+12 ft) tinggi, dengan daun besar dan kuat 25–70 cm (10–28 in) panjang dan 10–30 cm (4–12 in) luas, diproduksi pada tangkai daun hingga 1 m (40 in) panjang. Daunnya selalu hijau dan tersusun dalam dua baris, membentuk mahkota berbentuk kipas. Bunganya berdiri di atas dedaunan di ujung tangkai panjang. Selubung yang keras seperti paruh dari mana bunga muncul disebut spathe . Ini ditempatkan tegak lurus dengan batang, yang membuatnya tampak seperti kepala dan paruh burung; itu membuat tempat bertengger yang tahan lama untuk menahan burung penghisap nektar yang menyerbuki bunga. Bunganya, yang muncul satu per satu dari spathe, terdiri dari tiga sepal jingga dan tiga kelopak biru keunguan atau putih . Dua kelopak bergabung bersama untuk membentuk nektar seperti panah. Saat burung matahari duduk untuk meminum nektar, kelopak ketiga terbuka untuk melepaskan kepala sari dan menutupi kaki mereka dengan serbuk sari.[2]

Budidaya dan kegunaan[sunting | sunting sumber]

Strelitzia reginae sangat populer sebagai tanaman hias. Ini pertama kali diperkenalkan ke Inggris pada tahun 1773, ketika ditanam di Royal Botanic Gardens, Kew. Sejak itu, telah diperkenalkan secara luas ke seluruh dunia, termasuk Amerika dan Australia, tumbuh dengan baik di daerah manapun yang cerah dan hangat. Di Amerika Serikat, Florida dan California adalah area budidaya utama, karena iklimnya yang hangat. Ini adalah tanaman hias umum di California Selatan, dan telah dipilih sebagai Bunga Resmi Kota Los Angeles.

Di daerah dengan musim dingin biasanya ditanam di bawah kaca, dalam posisi cerah yang sejuk seperti rumah kaca atau konservatori, karena hanya mentolerir embun beku ringan[3] dan tidak tumbuh dengan baik pada suhu di bawah 10 °C (50 °F) . Namun itu dapat ditempatkan di luar selama bulan-bulan musim panas. Ini telah memperoleh Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit.[4][5]

Ini adalah tanaman dengan pemeliharaan rendah yang mudah tumbuh di kebun; itu cukup toleran terhadap kondisi tanah dan membutuhkan sedikit air setelah terbentuk. Jika dirawat dengan baik, mereka akan berbunga beberapa kali dalam setahun. Mereka akan tumbuh subur di tanah lempung yang kaya, terutama ketika mereka mendapat banyak air sepanjang tahun. Mereka melakukannya dengan baik di bawah sinar matahari penuh hingga semi-teduh dan merespons dengan baik pemberian makan teratur dengan pupuk dan kompos pelepasan terkontrol . Mereka peka terhadap dingin dan perlu terlindung dari embun beku, karena dapat merusak bunga dan daun.

S. reginae diperbanyak dengan biji atau pembagian. Bibit tumbuh lambat dan tidak akan mekar selama tiga sampai lima tahun, meski bisa berbunga luar biasa dalam dua tahun.[6] Ini berbunga hanya jika sudah terbentuk dengan benar dan pembagian tanaman dapat mempengaruhi pola pembungaan. Namun, bunganya cukup tahan lama begitu muncul. Puncak berbunga terjadi pada musim dingin dan awal musim semi. Ada kultivar berbunga kuning dari tanaman ini yang dikenal sebagai 'Mandela's Gold'.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Strelitzia reginae". PlantZAfrica.com. Diakses tanggal 24 November 2018. 
  2. ^ Gibbs Russell, G. E., W. G. M. Welman, E. Retief, K. L. Immelman, G. Germishuizen, B. J. Pienaar, M. Van Wyk & A. Nicholas. 1987.
  3. ^ "Plants & Flowers » Strelitzia reginae". plantsrescue.com. Diakses tanggal 25 May 2021. 
  4. ^ "RHS Plant Selector - Strelitzia reginae". Diakses tanggal 5 March 2021. 
  5. ^ "AGM Plants - Ornamental" (PDF). Royal Horticultural Society. July 2017. hlm. 99. Diakses tanggal 21 November 2018. 
  6. ^ Joffe, P. Easy Guide to Indigenous Shrubs, Briza Publications, 2003 ISBN 1-875093-40-0
  7. ^ "Strelitzia reginae 'Mandela's Gold'". pza.sanbi.org. Diakses tanggal 21 May 2017.