Bunda dari Sheshan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunda dari Sheshan 佘山聖母
Bunda dari Sheshan, Bunda Keberuntungan, Bunda Nasib Baik, Bunda Tiongkok
Dihormati diGereja Katolik Roma
Tempat ziarahBasilika Sheshan
Pesta24 Mei
AtributBunda Maria berdiri di atas seekor naga Tiongkok, Bayi Yesus merentangkan tangan kesamping
PelindungTiongkok, Keuskupan Shanghai, umat Katolik Tiongkok

Bunda dari Sheshan (佘山聖母), yang juga dikenal sebagai Bunda dari Zosé (Zosé merupakan romanisasi awal dari pengucapan Shanghai dari Sheshan), adalah sebuah gelar Maria yang diberikan oleh umat Katolik Roma Tiongkok. Sebagai salah satu devosi keagamaan, patung tersebut terkadang dikenal sebagai Bunda Keberuntungan atau Bunda Nasib Baik karena simbologi Tionghoa "Fu" (福) dikaitkan dengan gaya khas dari seluruh gambar. Gambar aslinya sekarang disimpan di Biara Nasional dan Basilika Kecil Bunda Bantuan Maria dari Umat Kristen di Shanghai, Tiongkok.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kota Shanghai, yang terletak di pesisir timur Tiongkok, merupakan sebuah titik akses penting menuju Lembah Sungai Yangzi. Sesuai dengan sebuah perjanjian, pelabuhan tersebut juga dijadikan tempat bermukim komunitas internasional. Shanghai menjadi pelabuhan misionaris bagi seluruh wilayah Tiongkok, sebuah tempat untuk mengumpulkan kebutuhan yang dibutuhkan untuk misi-misi dalam negeri, sebuah tempat relaksasi dan aman dari gejolak politik, dan tempat yang terhubung dengan budaya Katolik Tiongkok yang bermula pada 1600-an.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Shanghai: Sheshan Marian Shrine", The Passionists, May 24, 2013". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-19. Diakses tanggal 2017-01-24.