Bumijawa, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bumijawa)
Langsung ke: navigasi, cari
Bumijawa
Kecamatan
Locator Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.png
Peta lokasi Kecamatan Bumijawa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Tegal
Jumlah penduduk 85.561 (2004)
Desa/kelurahan 16

Bumijawa adalah sebuah kecamatan paling selatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Bumijawa memiliki ketinggian 800 meter dpl, sehingga udara di kawasan ini relatif dingin. Kecamatan ini banyak menghasilkan sayur-sayuran dan buah-buahan , selain itu juga kaya akan hasil alam seperti teh, kayu dan karet . Di Bumijawa terdapat sebuah mata air yang bernama "Bulakan" yang airnya digunakan untuk keperluan PDAM kabupaten Tegal.

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

Utara kecamatan Balapulang dan Margasari
Selatan kabupaten Brebes dan Banyumas
Barat kabupaten Brebes
Timur kecamatan Bojong


Pembagian Administratif[sunting | sunting sumber]

Bumijawa terdiri dari 16 Desa :

  1. Batumirah
  2. Begawat
  3. Bumijawa
  4. Carul
  5. Cawitali
  6. Cempaka
  7. Cintamanik
  8. Dukuh Benda
  9. Guci
  10. Gunung Agung
  11. Jejeg
  12. Muncanglarang
  13. Pagerkasih
  14. Sigedong
  15. Sokasari
  16. Sokatengah
  17. Sumbaga
  18. Traju

Demografi[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian penduduknya antara lain bertani, pegawai negeri, dan home industry (industri rumah tangga) yang meliputi industri tempe , dan lain-lain. Di kecamatan ini juga terdapat pabrik air mineral.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Dalam kehidupan sehari hari masyarakat Bumijawa tidak beda jauh dengan masyarakat Tegal pada umumnya yaitu menggunakan Bahasa Jawa Banyumasan logat/ dialek Tegal, biasanya dikenal dengan dialek 'nyong' yang artinya aku.

Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Kebudayaan yang dapat ditemukan di Bumijawa diantaranya samrohan, kenceran, Rebana, Syukuran, Muludan juga araka-arakan yang diadakan ketika peringatan maulid Nabi Muhammad ditandai dengan sunatan masal kemudian mengambil air suci "bende" dan malamnya diadakandan arak-arakan dengan membawa "aul" atau boneka-boneka dari bambu seperti ondel-ondel. kenceran apabila ada salah seorang warga yang sedang hajatan, tapi seiring berjalannya waktu kebudayaan ini mulai surut,dikarenakan kurang nya fasilitas dan banyak menimbul kan tawuran antar anak muda.

Objek Wisata & Tempat Menarik[sunting | sunting sumber]

Obyek Wisata Guci[sunting | sunting sumber]

Objek Wisata Guci Indah merupakan obyek wisata air terjun, pemandian air panas, taman di kaki Gunung Slamet, ± 27 km ke arah selatan Slawi.Terdapat juga kebun stroberi yang bisa kita petik langsung, penginapan juga mulai banyak bermunculan sejak 5 tahun terakhir.

Curug Putri[sunting | sunting sumber]

Adalah sebuah air terjun di wilayah perbatasan sebelah selatan antara Tegal dan Brebes. Curug Putri merupakan aliran dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet. Curug Putri atau Air terjun ini memiliki ketinggian +- 25 meter memisahkan Desa Dukuhbenda, Bumijawa, Tegal yang merupakan wilayah Kabupaten tegal dengan desa Padanama Kecamatan Sirampog yang masuk ke wilayah Kabupaten Brebes. Sebelah timur curug ini adalah pedukuhan Dukuhtengah yang pada tahun 2008 mengalami longsor kelongsoran tanah tersebut mengakibatkan rusaknya jalan menuju pedukuhan tersebut. Bencana itu menimbulkan terganggunya sarana jalan bagi anak-anak yang bersekolah di SDN Dukuhbenda 04 Bumijawa

Curug Penganten dan Curug Luhur[sunting | sunting sumber]

Adalah sebuah air terjun terdapat di dukuh Bandasari desa Bumiijawa di sebuah sungai yaitu Kali Gung.

Sulaku Bumijawa Park[sunting | sunting sumber]

Berlokasi di dukuh Bandarsari, desa Bumijawa. Obyek Wisata bernuansa alam dengan udara yang sejuk, memiliki fasilitas Agrowisata (Kebun Stroberi, Kebun Jambu, Kebun Buah Pepino, Sirih Merah, Tanaman Hias, dll), Waterboom, Flying Fox sepanjang 150 meter dan 60 meter. Kedai Jamu lengkap dengan Taman Toganya, Warung Makan yang Asri, cocok untuk aktifitas Out Bound dari mulai kelompok TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa maupun Instansi baik Swasta maupun Pemerintahan.

Warung makan "Mbak Iis Bumijawa"[sunting | sunting sumber]

Berlokasi persis di depan Kantor Kecamatan Bumijawa, warung berdesain sederhana ini menyajikan berbagai macam makanan khas Jawa pada umumnya. Warung yang dikelola keluarga ini sejak tahun 80-an telah dikenal di kalangan masyarakat Bumijawa dan sekitarnya, bahkan tidak jarang didatangi pelanggannya dari daerah lain di kabupaten Tegal dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Dari segi menu makanan, tidak ada yang boleh dibilang istimewa, namun dari beberapa informasi dan cerita dari mulut ke mulut, hidangan ayam goreng ayam kampung, opor ayam kampung, oreg (sambal goreng) tempe lumayan "nendang" di lidah. Belakangan ini mengingat udara di Bumijawa terasa segar dan cukup dingin, hidangan sop ayam yang segar yang diramu dadakan, semakin digemari para pelanggan. Diselingi dengan minuman teh poci khas Tegal yang beraroma melati segar, manis, dan panas, semakin memanjakan lidah dan perasaan sehingga membawa suasana akrab dan bersemangat.