Buku Catatan Josephine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Buku Catatan Josephine
Bukucatatabjosephine 2825.jpg
Pengarang Agatha Christie
Negara United States
Bahasa Bahasa Indonesia
Genre novel kriminal
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Tanggal rilis 1990
Halaman 288 (softcover)
ISBN 9794030171

Buku Catatan Josephine adalah novel kriminal karya novelis Inggris Agatha Christie yang diterbitkan pada tahun 1949 dengan judul Crooked House. Di Indonesia novel ini diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 1990 dan dicetak ulang pada Maret 2009.

Jalan Cerita[sunting | sunting sumber]

Narator orang pertama adalah Charles Hayward yang menjelang akhir Perang Dunia Kedua, menempati beberapa pos di Kairo. Di sana ia bertemu Sophia Leonides yang pintar, muda, yang sukses bekerja untuk Kementerian Luar Negeri Inggris. Mereka jatuh cinta, tapi ditunda bertunangan sampai setelah berakhirnya perang ketika mereka akan bersatu kembali di Inggris.

Hayward pulang ke rumah hanya untuk menemukan obituari di The Times: kakek Sophia's, pengusaha kaya Aristide Leonides, telah meninggal pada usia 85. Karena perang, seluruh keluarga telah tinggal bersamanya di sebuah rumah mewah tapi sakit-proporsional disebut "Tiga Gables"-the 'rumah bengkok' dari judul. Saat autopsi menunjukkan bahwa Aristide Leonides telah diracuni dengan obat mata sendiri eserine berbasis melalui suntikan insulin, Sophia Charles mengatakan bahwa dia tidak bisa menikah dengannya sampai masalah ini diselesaikan.

Para tersangka jelas adalah Brenda Leonides, jauh lebih muda istri kedua Aristide, dan Laurence Brown, seorang penentang yang telah tinggal di rumah sebagai guru swasta untuk Eustace dan Josephine, Sophia adik bungsu dan kakak. Desas-desus itu bahwa Brenda dan Laurence telah melaksanakan hak hubungan cinta terlarang di bawah hidung Leonides tua itu. Semua anggota keluarga harapan kedua terbukti menjadi pembunuh karena mereka benci Brenda sebagai penggali emas dan juga berharap untuk menghindari skandal bahwa akan membawa hasil yang berbeda. Ketika polisi gagal wawancara muncul tersangka yang jelas, Charles setuju untuk membantu ayahnya, seorang Komisaris Asisten Scotland Yard, menyelidiki kejahatan. Dia menjadi tamu rumah di Tiga Gables, berharap bahwa seseorang akan mengungkapkan petunjuk pada saat yang tak dijaga.

Semua anggota keluarga punya motif dan kesempatan, tidak punya alibi, dan semua orang tahu bahwa obat mata Aristide adalah beracun. Selain itu, menurut kehendak catatan, mereka semua berdiri untuk mendapatkan hibah yang sehat dari harta warisan orang tua itu. Selain dari ini, anggota keluarga memiliki banyak kesamaan. Edith de Haviland, belum menikah Aristide adik ipar, adalah seorang wanita, ditekan agak pahit yang datang untuk tinggal bersamanya setelah kematian istri pertamanya dalam rangka mengawasi pendidikan anak-anaknya. Roger, putra tertua dan selalu favorit Aristide, adalah kegagalan sebagai pengusaha dan telah mengarahkan usaha katering diberikan kepadanya oleh ayahnya ke jurang kebangkrutan, ia rindu untuk hidup sederhana suatu tempat yang jauh. Grasi istri Roger, seorang ilmuwan dengan selera keras, belum pernah dapat menikmati kekayaan yang ditawarkan oleh keluarga suaminya. Philip, adik Roger muda, telah menderita sepanjang hidupnya di bawah pilihan ayahnya untuk Roger dan mundur jauh ke dalam dunia buku dan zaman sejarah yang lampau, menghabiskan semua jam-jam bangun di perpustakaan rumah. istri Philip Magda adalah aktris sederhana sukses kepada siapa segala sesuatu, bahkan pembunuhan dalam keluarga, adalah acara panggung di mana dia ingin memainkan bagian terkemuka. Eustace Enam belas tahun masih menderita dari efek samping ringan kasus polio, tetapi sebaliknya adalah semacam rata-rata anak laki-laki. dua belas tahun adik-Nya Josephine, di sisi lain, jelek, aneh, precociously cerdas, dan begitu terobsesi dengan cerita detektif yang ia mata-mata terus-menerus pada sisa rumah tangga, menuliskan pengamatannya di buku catatan rahasia.

Mendapatkan sesuatu rumit ketika ia mengungkapkan bahwa Leonides redrafted akan diam-diam untuk meninggalkan segala sesuatu untuk Sophia karena ia percaya bahwa hanya ia memiliki kekuatan karakter untuk menganggap posisinya sebagai kepala keluarga. Selanjutnya, Josephine-yang telah membual bahwa dia tahu identitas si pembunuh-yang ditemukan tergeletak di halaman, tak sadarkan diri dari pukulan berat ke kepala dari palang pintu marmer. Pada titik ini, Charles menemukan sebuah cache memberatkan surat cinta dari Brenda ke Laurence, dan keduanya ditangkap. Sementara mereka berada dalam tahanan, namun, pengasuh anak-anak meninggal setelah minum secangkir digitalis-laced kakao yang tampaknya dimaksudkan untuk Josephine, dan keluarga menyadari bahwa si pembunuh masih di antara mereka.

Charles, takut untuk hidup Josephine, sia-sia mencoba untuk membujuk dia untuk memberitahu nama si pembunuh. Setelah itu, Edith de Haviland mengajak para perempuan untuk keluar bersamanya di mobil untuk sebuah es krim soda-maka drive dari tebing. Keduanya mati seketika.

Kembali pada Tiga Gables, Charles menemukan dua surat dari de Haviland: satu adalah catatan bunuh diri untuk Kepala Inspektur Taverner mengaku pembunuhan Aristide, pengasuh anak, dan Josephine. Surat lainnya, ditujukan untuk mata hanya Charles, mengungkapkan kebenaran hal ini - Josephine adalah pembunuh. Sebagai bukti, de Haviland telah tertutup notebook rahasia anak, baris pertama yang berbunyi "Hari ini aku membunuh kakek." Hal ini mengungkapkan bahwa dia melakukan pembunuhan hanya karena kakeknya tidak akan membayar kursus balet nya, dia kemudian menikmati dalam semua perhatian yang ia terima setelah itu dan merencanakan serangan sendiri dengan palang pintu marmer sebagai cara untuk mengalihkan perhatian. Dia meracuni Nannie untuk mendorong Magda untuk mengirimnya ke Swiss, dan juga karena dia membenci dia untuk memanggilnya dengan 'gadis kecil bodoh'. Edith menemukan notebook Josephine tersembunyi dalam sebuah kennel anjing, dan membunuh mereka berdua karena dia tidak ingin dia menderita ketika polisi menemukan kebenaran.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Josephine Leonides, gadis kecil berusia 12 tahun
  • Magda West, ibu Josephine, seorang aktris
  • Edith de Haviland, nenek Josephine

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]