Bukti ruang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bukti ruang atau lebih populer dalam istilah Bahasa Inggrisnya, Proof of Space (POS) adalah tipe algoritma konsensus dengan mendemonstrasikan ketertarikan yang sah atas layanan (misalnya mengirimkan surel_ dengan mengalokasikan sejumlah memory atau ruang disk yang cukup untuk menyelesaikan persoalan pemberi layanan. Konsep ini dirumuskan oleh Dziembowski et al. dan (dengan rumusan berbeda) oleh Anteniese et al.

Bukti ruang sebenarnya hampir mirip dengan bukti kerja, hanya saja alih-alih tenaga komputasi, ruang yang tersedia digunakan untuk mendapatkan mata uang kripto tertentu.

Setelah diterbitkannya Bitcoin, alternatif dari bukti kerja sebenarnya banyak diriste, dan bukti ruang telah dipelajari dalam konteks membangun mata uang kripto. Bukti ruang dianggap lebih adil dan ramah lingkungan oleh penggemar rantai blok karena kegunaannya lebih umum dan butuh energi lebih kecil, tapi di sisi lain juga dikritik karena makin bertambah besarnya tuntutan atas ruang penyimpanan. Beberapa penerapan teoritis dan praktis dari bukti ruang sudah diterbitkan dan didiskusikan, misalnya dalam SpaceMint, Signum, dan Chia.