Bukit Sikunir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bukit Sikunir merupakan salah satu wisata yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.300 MDPL (meter diatas permukaan laut). Wisata Bukit Sikunir menawarkan berbagai pemandangan gunung yang dapat diihat langsung diatas puncak, seperti Gunung Sindoro, Gunung Prau, dan Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Slamet, dan kawasan pegunungan lainnya yang dapat dilihat langsung saat cuaca cerah.

Salahsatu panorama yang paling menarik adalah golden sunrise (pesona keemasan matahari terbit). Dahulu disebutkan bahwa dahulu pesona golden sunrise adalah yang terbaik se Asia Tenggara. Untuk menikmati keindahan golden sunrise, pengunjung disarankan untuk mendaki sekitar pukul 04.00 sampai pukul 05.00. Bukit Sikunir juga memiliki area berkemah untuk para wisatawan yang ingin lebih lama menikmati keindahannya.[1]

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir[sunting | sunting sumber]

Tiket masuk wisata Sikunir sangatlah murah dan terjangkau. Pengunjung cukup mengeluarkan uang sejumlah Rp15.000, sudah bisa menikmati keindahan Panorama di kawasan wisata ini.

Jam Buka Bukit Sikunir[sunting | sunting sumber]

Lokasi wisata Bukit Sikunir buka mulai pukul 02.00 hingga 18.00 WIB. Sehingga para wisatawan tak perlu khawatir dengan waktu operasionalnya.[2]

Pendakian Sikunir[sunting | sunting sumber]

Mendaki di Bukit Sikunir masih tergolong mudah, karena telah tersedia jalan setapak yang ditata rapi. Ada juga akses lainnya berupa jalan tangga yang telah dilengkapi dengan pegangan berbatang kayu atau besi supaya tidak mudah terpeleset saat naik atau turun. Sepanjang jalu telah diberi pengaman dan papan petunjuk menuju area puncak.

Meskipun terkesan mudah, wisatawan diharapkan tidak meremehkan. Karena, jalur pendakian membutuhkan fisik yang prima. Pengunjung juga disarankan untuk menggunakan jaket, sarung tangan, atau penutup kepala untuk menghalau hawa dingin yang dapat menusuk tubuh. Wisatawan juga dapat membawa bekal dapat dibawa dan dinikmati sepanjang perjalanan.

Pendakian Bukit Sikunir menempuh waktu sekitar 30 sampai 45 menit. Untuk pendaki yang ingin menikmati perjalanan yang santai, maka pendakian akan ditempuh dalam waktu satu jam. Rasa lelah pendakian para pengunjung akan terbayarkan dengan pemandangan golden sunrise yang menyambut di area puncak Bukit Sikunir.

Warna keemaan yang berpendar di langit akan menghapus lelah dan membuat para pengunjung malas untuk pulang. Area puncak bukit Sikunir cukup lebar, sehingga para pendaki tidak khawatir akan berdesakan. Panorama lain tepat dibawah Bukit Sikunir adalah Telaga Cebong.

Camping Bukit Sikunir[sunting | sunting sumber]

Wisatawan dapat camping atau berkemah di atas Bukit Sikunir. Lokasi yang biasa digunakan untuk camping adalah lokasi yang berdekatan dengan area parkir yang terletak di lereng bukit. Tersedia lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda para pendaki. Lokasi camping juga berhadapan langsung dengan Telaga Cebong.

Didekat area parkir juga telah tersedia sejumlah warung yang menyediakan berbagai makanan khas Dieng, seperti manisan carica, kentang goreng, kentang rebus, terong belanda, dan jajanan lain. Fasilitas yang tersedia di wisata Bukit Sikunir berupa toilet sepanjang jalur pendakian, mushola, dan rest area.

Rute Bukit Sikunir[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju Bukit Sikunir, para wisatawan dapat mengarahkan kendaraannya menuju Desa Sembungan. Kemudian, perjalanan dapat menyusuri area tengah desa ke arah timur sampai area parkir di lereng Bukit Sikunir. Juga perlu diperhatikan karena ruas jalan menuju Bukit Sikunir lumayan sempit sehingga para pengendara perlu waspada terhadap pengendara lain.[3]

Keindahan Telaga Cebong[sunting | sunting sumber]

Setelah mendaki, pengunjung tak hanya bisa menikmati hidangan khas Dieng. Namun , juga akan menemui tempat lain yang lebih sejuk dan eksotis. Tempat yang dimaksud adalah Telaga Cebong.

Untuk menikmati kesejukan dan keindahan telaga ini, pengunjung harus sampai ditempat pada pagi hari. Karena birunya langit pagi yang terbias ke permukaan air telaga akan menimbulkan decak kagum para wisawatan. Sementara itu, berswafoto dimomen ini merupakan pelengkap decak kagum wisatawan atas keindahan yang terpancar.

Telaga Cebong memiliki kedalaman sekitar 2-4 meter, membuat telaga ini mengundang ketertarikan para pemancing. Agar ekosistem Telaga Cebong tetap terpelihara dengan baik maka terdapat aturan khusus untuk para wisatawan. Yaitu Aturan berupa larangan membuang sampah di Telaga Cebong, mengambil ikan dengan jaring, racun dan bom.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber (2023-01-12). "Bukit Sikunir: Daya Tarik, Pendakian, dan Rute Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  2. ^ Agus (2023-09-11). "BUKIT SIKUNIR Tiket dan Aktivitas Oktober 2023". TravelsPromo. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber (2023-01-12). "Bukit Sikunir: Daya Tarik, Pendakian, dan Rute Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  4. ^ Agus (2023-09-11). "BUKIT SIKUNIR Tiket dan Aktivitas Oktober 2023". TravelsPromo. Diakses tanggal 2023-10-01.