Bubung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Striding Edge, sebuah bubung dilihat dari Helvellyn dengan corrie Red Tarn di kiri dan Nethermost Cove di kanan

Bubung atau Arête ( /əˈrɛt/ Ə-ret ) [1] adalah rabung batu sempit yang memisahkan dua lembah . Biasanya terbentuk ketika dua gletser mengikis lembah paralel berbentuk U. Bubung uga dapat terbentuk ketika dua lingkaran glasial terkikis satu sama lain, meskipun sering kali hal ini menghasilkan lintasan berbentuk pelana, yang disebut rubing .[2] Tepiannya kemudian dipertajam oleh pelapukan beku-cair, dan lereng di kedua sisi bubung menjadi lebih curam karena peristiwa pemborosan massal dan erosi batuan yang terbuka dan tidak stabil.[3] Kata arete (bahasa Prancis: [aʁɛt]</link> ) sebenarnya adalah bahasa Perancis untuk "edge" atau "ridge"; fitur serupa di Pegunungan Alpen sering digambarkan dengan istilah setara Jerman Grat .

Bubung belintan[sunting | sunting sumber]

Clouds Rest di Taman Nasional Yosemite adalah sebuah bubungan.

Bubung belintan adalah jenis bubung yang memisahkan aliran es glasial terpadu dari sisi atas bukit menjadi dua gletser yang mengapit dan mengalir sejajar dengan punggung bukit. Bubung belintan mendapatkan namanya dari bentuknya yang menyerupai pisau belintan yang dapat mengiris daging menjadi dua bagian. Bubung belintan dapat diibaratkan sebuah pulau di sungai . Situasi yang umum terjadi adalah dua gletser yang berada di sisinya mencair hingga ke ujungnya masing-masing sebelum jalurnya dapat menyatukannya kembali; Analogi yang sangat jarang terjadi adalah situasi dua cabang sungai yang mengering, sebelum mencapai ujung hilir pulau, karena penguapan atau penyerapan ke dalam tanah.

Lokasi bubung belintan seringkali menjadi faktor penting dalam pemilihan rute aliran gletser. Misalnya, menyusuri belintan secara naik atau turun gunung dapat menghindari perjalanan di atas atau di bawah area gletser, salju, atau bebatuan yang tidak stabil. Hal ini biasanya terjadi pada rute musim panas menuju puncak yang bagian bawahnya berada di sisi selatan Gunung Rainier .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "English pronunciation of arête". Cambridge Dictionary. Cambridge University Press. 
  2. ^ "Coastal Landscapes". BBC Bitesize. 
  3. ^ Orlove. Environment.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);