Bringinbendo, Taman, Sidoarjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bringinbendo
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Sidoarjo
Kecamatan Taman
Kodepos 61257
Luas 230 ha
Jumlah penduduk 4.621 jiwa
Kepadatan -

Bringinbendo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konon Nama Bringin bendo berasal dari nama pohon beringin yang tumbuh di desa ini zaman dulu.

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

  • Sebelah Utara: Desa Tanjung Sari, Desa Gilang.
  • Sebelah Selatan: Desa Sambibulu, kecamatan Sukodono.
  • Sebelah Timur: Desa Gilang.
  • Sebelah Barat: Desa Sidodadi.perumahan jatikalang indah persada

Profil[sunting | sunting sumber]

Sebelum tahun 1980-an desa Bringinbendo merupakan desa Agraris, sebagian penduduknya bekerja sebagai petani atau buruh tani, dengan sawah yang cukup luas dengan irigasi teknis.

Seiring dengan perkembangan sektor industri, kini banyak persawahan yang beralih fungsi menjadi lahan perumahan dan pabrik, sehingga penduduknya sebagian besar menjadi karyawan pabrik, PNS dan berbagai sektor informal lain.

Organisasi kepemudaan juga aktif di desa ini, diantaranya adalah Karang Taruna Tunas Muda, Karang Taruna Satya Mandiri & Karang Taruna Teratai Bimaseta yang sampai saat ini masih aktif mengelola avalan dari Perusahaan sekitar guna pemberdayaan pemuda dan masyarakat. Organisasi kepemudaan ini juga memfasilitasi pemuda-pemudinya untuk disalurkan sebagai tenaga kerja diperusahaan sekitar yang berada didesa ini. ini berarti pula pemuda (karang taruna) ikut serta memikirkan penanggulangan pengangguran yang ada didesa.

Potensi Industri[sunting | sunting sumber]

Ada ± 56 perusahaan yang ada di wilayah desa ini, memungkinkan untuk digalai potensinya baik dari segi ketenaga kerjaan, pengelolaan limba/avalan atau dalam hal support pembinaan pemberdayaan masyarakat.

Potensi tenaga kerja : Dalam bidang tenaga kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dalam hal ini Sie Pemuda&Olah Raga - Karang Taruna memfasilitasi warga desa untuk disalurkan di perusahaan yang ada disekitar,Perusahaan/Pabrik yang membutuhkan tenaga kerja bekerja sama dengan karang taruna untuk menggali potensi warga.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Dalam hal prestasi, Karang Taruna Satya Mandiri sesuai slogannya "ABCD - Arek Bendo Cinta Damai" aktif mengikuti berbagai macam kegiatan, diantaranya Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya sejak tahun 2006 hingga sekarang.