Brigade Al-Quds

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Brigade Al-Quds (AQB ; Arab : سرايا القدس , Sarāyā al-Quds artinya Brigade Yerusalem) adalah sayap bersenjata dari Islamis Palestina Organisasi Jihad Islam Palestina (PIJ), yang merupakan organisasi terbesar kedua kelompok di Jalur Gaza, setelah Hamas. Pemimpin AQB adalah Ziyad al-Nakhalah, yang berbasis di Damaskus, Suriah. Ketua AQB di Jalur Gaza adalah Baha Abu al-Ata hingga ia terbunuh pada November 2019.

Brigade Al-Quds
Juru bicaraAbu Hamzah
Waktu operasi1981–Sekarang
Wilayah operasiJalur Gaza, Tepi Barat dan Lebanon Selatan
IdeologiNasionalisme Palestina
Islamisme
Jihadisme
Anti-Zionism
StatusAktif
Jumlah anggota8,000–12,000
SekutuSekutu Negara :

Sekutu Bukan Negara :

Lawan Israel
Pertempuran dan perangKonflik Israel-Palestina

Organisasi induk AQB, PIJ, mengabdikan diri pada pendirian Negara Islam, dan pemukiman warga Palestina di tempat yang dianggap sebagai tanah air sah mereka dalam batas geografis Palestina yang diamanatkan Inggris sebelum tahun 1948. Mereka menolak untuk berpartisipasi dalam proses politik atau negosiasi mengenai pertukaran pemukiman Israel dan Palestina.[1] PIJ mayoritas didanai oleh Iran dan Suriah.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IDF uncovers massive tunnel near Gaza fence | ICEJ Northern Ireland". web.archive.org. 2018-12-24. Diakses tanggal 2024-04-02. 
  2. ^ irp.fas.org https://irp.fas.org/world/para/docs/950500.htm. Diakses tanggal 2024-04-02.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)