Boneka jahit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Boneka jahit berbagai ukuran dalam katalog Perancis terbitan tahun 1912.

Boneka jahit atau boneka pengepas adalah patung torso (batang tubuh) manusia dari bahu hingga panggul. Boneka ini merupakan perwujudan tiga dimensi dari ukuran-ukuran standar tubuh manusia, dan tidak memiliki lengan serta kaki. Boneka jahit dipakai sewaktu membuat pola pakaian, dan mengepas pakaian yang telah selesai dijahit.

Boneka jahit dulunya dibuat dari kayu, namun sekarang dibuat dari bahan-bahan seperti styrofoam, kaca serat, atau plastik. Berbeda dari maneken, bagian permukaan boneka jahit dilapisi bantalan dari karet busa dan kain.

Sewaktu membuat pola dengan metode konstruksi padat (pola draping), kain muslin atau belacu disampirkan (dipakaikan) ke boneka jahit. Kain disematkan dengan jarum pentol sambil diatur agar mengikuti bentuk tubuh boneka jahit. Kain di bagian kerung lengan, kerung leher, dan bagian pinggang digunting sesuai bentuk pakaian yang diingini. Setelah pakaian selesai dijahit, boneka jahit dipakai untuk mengepas pakaian dan melihat jatuhnya jahitan pada boneka jahit.

Boneka jahit tersedia dalam standar ukuran badan (S, M, L, dan XL) untuk pria dan wanita. Tinggi boneka disesuaikan dengan cara memanjangkan atau memendekkan dengan tiang kaki dari kayu atau besi. Ada pula boneka jahit yang memiliki lebar bagian dada yang bisa diatur secara mekanis. Pada sebagian boneka jahit, bagian-bagian tubuh boneka tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat ditukar pasang.

Selain boneka jahit standar, orang dapat meminta dibuatkan boneka jahit sebagai duplikat dari ukuran tubuh orang yang memesan. Dengan adanya boneka jahit di tempat penjahit, pelanggan dapat meminta dijahitkan pakaian tanpa perlu datang mengepas pakaian.