Bojong, Kawunganten, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bojong
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Cilacap
Kecamatan Kawunganten
Luas -
Jumlah penduduk 10.000 jiwa
Kepadatan -

Bojong adalah desa di kecamatan Kawunganten, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Salah satu desa yang terletak di kecamatan Kawunganten. Desa ini bisa dijadikan tempat wisata yaitu kegiatan di sawah, dari mancing cari belut dan makan di tanggul irigasi juga merupakan kegiatan yang mengasyikan, sarana pendidikan cukup memadai. ada 8 sd negeri dan satu sd swasta serta satu smp negeri. mulai tahun ini berdiri smk negeri baru. Desa ini dilalui jalan raya yang menghubungkan cilacap dan pangandaran. Rel kereta api juga melintasi desa ini. Yaitu jalur selatan yang menghubungkan Bandung Yogyakarta sampai ke Surabaya. Rel ini juga sebagai batas wilayah utara rel sebagai hutan tanaman industri yaitu karet, dan bagian selatan areal pesawahan. Makanan khas bojong sama seperti daerah cilacap dan banyumas lainnya yaitu tempe mendoan, pecel yang ada combrangnya. Ada satu warung sate yang menu andalannya adalah sate jumbo. Satu porsinya hanya dua tusuk, tapi dagingnya besar-besar.

Prospek ekonomi ke depan desa bojong cukup potensial. Usaha sektor perdagangan dan jasa masih sangat mungkin ditingkatkan tinggal kemauan dan kreatifitas serta usaha yang keras oleh warga setempat untuk menangkap peluang ini. Infrastruktur desa ini sangat mendukung. Jalan raya bagus besar ramai, sambungan telepon sudah tersedia, saluran irigasi ada dan yang paling baru sinyal telepon seluler juga gak ada matinya. Penduduk desa Bojong juga merupakan pasar yang menarik. Banyak diantaranya yang bekerja di luar kota bahkan di luar negeri. Dari segi sumber daya manusia penduduk bojong sudah banyak menghasilkan lulusan dari perguruan tinggi terkemuka di negeri ini yang siap menjadi motor penggerak pembangunan. Investor dari luar daerah diharapkan bisa mempercepat kemajuan desa Bojong.

Mengingat cepatnya pertumbuhan lalu lintas di desa Bojong maka perlu diperlukan beberapa antisipasi antara lain, segera dibangun trotoar untuk pejalan kaki terutama antara pertigaan sampai lapangan desa Bojong. Tempat penyeberangan orang, karena laju kendaraan di jalan raya sangat tinngi sehingga sudah pada tahap membahayakan.Lampu Penerangan jalan perlu ditambah sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman pada malam hari. Penambahan rambu lalu lintas seperti penunjuk arah dan peringatan bahwa anda sedang melintas di daerah padat penduduk perlu diingatkan kecepatan maksimal adalah sekitar 40 km/jam.

Diharapkan dengan ditambahnya infrastruktur yang baik maka akan semakin mempercantik desa Bojong dan pasti menambah kenyamanan bagi yang tinggal di Bojong maupun yang melintasinya.

Desa Bojong diperkirakan akan menjadi salah satu kebanggaan bagi warga di kecamatan Kawunganten, karena potensi untuk berkembang menjadi desa bersuasana kota yang asri dan tetap hijau. Semoga para pemimpin di desa sampai kabupaten bisa memanfaatkan peluang untuk lebih maju demi kemakmuran semua.