Birthday (lagu Selena Gomez)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Birthday"
Lagu oleh Selena Gomez
dari album Stars Dance
DirekamOktober 2012
StudioConway Studios
(Los Angeles, CA)
GenreElectropunk
Durasi3:20
LabelHollywood
Pencipta
  • Crista Russo
  • Mike Del Rio
  • Jacob Kasher Hindlin
Produser
  • Mike Del Rio
  • Matt Beckley (produser vokal)
Video musik
"Birthday" di YouTube

"Birthday" adalah lagu oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Selena Gomez untuk album debut solonya, Stars Dance (2013). Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Mike Del Rio, dengan penulis tambahan oleh Crista Russo dan Jacob Kasher Hindlin. Matt Beckley juga menyediakan produksi vokal tambahan untuk lagu ini. Secara musikal, "Birthday" menggabungkan ketukan dansa elektronik dan sirene polisi dengan unsur-unsur musik trap. Lagu ini awalnya diumumkan sebagai single, tetapi tidak pernah secara resmi dirilis.

Secara tema, "Birthday" adalah lagu pesta yang membahas topik-topik seperti daya tarik seksual, hak diri sendiri dan kekuatan perempuan, sedangkan liriknya yang agak cabul berbicara tentang malam pesta yang sulit. Lagu ini telah menerima perbandingan musik dari beberapa artis, termasuk Dev dan Icona Pop. Semenjak dirilis, "Birthday" menerima ulasan yang bagus dari para kritikus musik, yang memuji lagu ini karena suara dan produksinya yang unik. Setelah merilis Stars Dance, lagu ini menempati posisi ke 12 di Bubbling Under Hot 100 Singles Amerika Serikat. "Birthday" masuk di tangga lagu Gaon Chart Korea Selatan di nomor 191 karena unduhan digital yang tinggi. Musik video dirilis pada 22 Juli 2013, bertepatan dengan ulang tahun Gomez yang ke-21 dan menampilkan Gomez dan teman-temannya yang berpesta dan menyanyikan lagu ini di beberapa lokasi yang berbeda, termasuk klub malam bawah tanah dan ruang gelap. Musik video kemudian dihapus dari YouTube karena alasan yang tidak diketahui.

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga Lagu (2013) Posisi
Amerika Serikat (Bubbling Under Hot 100 Singles)[1] 12
Amerika Serikat (Pop Digital Songs)[2] 29
Korea Selatan (Gaon)[3] 191

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selena Gomez – Chart History". Billboard. Prometheus Global Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 2, 2011. Diakses tanggal August 1, 2013. 
  2. ^ "Pop Digital Songs: Aug 10, 2013". Billboard Biz. Prometheus Global Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-17. Diakses tanggal October 26, 2013. 
  3. ^ "South Korea Gaon International Chart". Gaon Chart. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2013. Diakses tanggal August 1, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]