Biosensor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Biosensor adalah sensor yang mengombinasikan komponen hayati dengan komponen elektronik (transduser) yang mengubah sinyal dari komponen hayati menjadi luaran yang terukur. Biosensor juga dapat diartikan sebagai sebuah alat analisis yang mengkombinasikan komponen biologis dengan detektor fisikokimia.[1] Biosensor terdiri atas:

  • Elemen biologis sensitif seperti jaringan, mikroorganisme, organel, reseptor sel, enzim, antibodi, asam nukleat, dan sebagainya, adalah material biologis yang berinteraksi dengan komponen yang dipelajari. Elemen sensitif tersebut juga bisa dibuat dengan rekayasa biologis.
  • Transduser yang bekerja secara fisikokimia (optis, piezoelektris, elektrokimia, dan sebagainya) yang mengubah sinyal yang dihasilkan dari interaksi dengan komponen yang diuji sehingga bisa diukur dengan mudah.
  • Alat pembaca biosensor yang terkait dengan elektronika atau pemroses sinyal untuk ditampilkan.[2]

Contoh yang paling umum dari biosensor adalah pengukur gula darah, yang menggunakan enzim glukosa oksidase untuk memecah gula darah. Biosensor ini bekerja dengan mengoksidasi glukosa terlebih dahulu dengan menggunakan dua elektron untuk mereduksi FAD (komponen dari enzim) menjadi FADH2. Lalu FADH2 dioksidasi oleh elektroda dan menerima dua elektron dari elektroda dalam beberapa tahap. Hasilnya adalah arus listrik yang mengukur konsentrasi glukosa. Dalam kasus ini, elektroda adalah transduser dan enzim adalah elemen biologis sensitif.

Saat ini, serangkaian detektor molekul, yang disebut dengan hidung elektronik, telah diaplikasikan untuk menjadikan pola respon alat tersebut sebagai fingerprint dari suatu senyawa.[3]

Berbagai jenis hewan telah digunakan sebagai biosensor dan diidentifikasi melalui perilakunya terhadap rangsangan yang diterimanya, seperti serangga dari ordo Hymenoptera[4][5] untuk mendeteksi narkoba dan bahan peledak, dan burung kenari[6][7] untuk mendeteksi keberadaan gas berbahaya di dalam tambang.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Turner, Anthony; Wilson, George and Kaube, Isao (1987). Biosensors:Fundamentals and Applications. Oxford, UK: Oxford University Press. hlm. 770. ISBN 0198547242. 
  2. ^ Cavalcanti A, Shirinzadeh B, Zhang M, Kretly LC (2008). "Nanorobot Hardware Architecture for Medical Defense". Sensors 8 (5): 2932–2958. doi:10.3390/s8052932. 
  3. ^ UCSB Electronic Nose
  4. ^ "Wasp Hound". Science Central. Diakses 23 February 2011. 
  5. ^ Lihat en:Hymenoptera training
  6. ^ Page, Walter Hines; Page, Arthur Wilson (August 1914). "Man And His Machines: Resuscitation Cage For Mine Canaries". The World's Work: A History of Our Time XLIV (2): 474. Retrieved 2009-08-04.
  7. ^ Lihat en:Domestic Canary#Miner's canary