Antibodi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tiap antibodi mengikat pada antigen spesifik.

Antibodi (bahasa Inggris: antibody, gamma globulin) adalah glikoprotein dengan struktur tertentu yang disekresi dari pencerap[1] limfosit-B yang telah teraktivasi menjadi sel plasma,[2] sebagai respon dari antigen tertentu dan reaktif terhadap antigen tersebut.[3] Sistem imunitas manusia ditentukan oleh kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi untuk melawan antigen. Antibodi dapat ditemukan pada darah atau kelenjar tubuh vertebrata lainnya, dan digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasikan dan menetralisasikan benda asing seperti bakteri dan virus. Molekul antibodi beredar di dalam pembuluh darah dan memasuki jaringan tubuh melalui proses peradangan.[3] Mereka terbuat dari sedikit struktur dasar yang disebut rantai. Tiap antibodi memiliki dua rantai berat besar dan dua rantai ringan.[4]

Terdapat beberapa tipe berbeda dari rantai berat antibodi, dan beberapa tipe antibodi yang berbeda, yang dimasukan ke dalam kelas (en:isotype) yang berbeda berdasarkan pada tiap rantai berat. Lima isotype antibodi yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh,[5] yaitu: IgG, IgM, IgA, IgD dan IgE, yang mempunyai perbedaan area C.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Immunobiology, chapter 3. The structure of a typical antibody molecule". Charles A. Janeway, et al. Diakses 2010-03-21. 
  2. ^ (Inggris) "Serum protein". Jeremy E. Kaslow. Diakses 2010-02-20. 
  3. ^ a b (Inggris) "The adaptive immune system". Diakses 2010-02-11. 
  4. ^ (Inggris) "Immunobiology, figure 3.2 Immunoglobulin molecules are composed of two types of protein chain: heavy chains and light chains". Charles A. Janeway, et al. Diakses 2010-03-22. 
  5. ^ (Inggris) Eleonora Market, F. Nina Papavasiliou (2003) V(D)J Recombination and the Evolution of the Adaptive Immune System PLoS Biology1(1): e16.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]