Biara Steinfeld

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Steinfeld

Biara Steinfeld (Kloster Steinfeld) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang tadinya dikelola oleh Ordo Premonstratensian, sekarang menjadi biara Salvatorian, terletak di Steinfeld di Kall, Rhine-Westphalia Utara, Jerman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul situs ini dimulai sekitar tahun 920. Pemukiman biara pertama di Steinfeld terjadi sekitar tahun 1070, dan Premonstratensian menetap di sini pada tahun 1130. Tempat ini menjadi biara penting di Kekaisaran Jerman, dan mendirikan sejumlah rumah anak di seluruh Eropa, termasuk Biara Strahov di Praha. Statusnya dinaikkan menjadi biara pada tahun 1184.

Pada tahun 1802, Biara Steinfeld sekularisasi. Basilika ini digunakan sebagai gereja paroki, sedangkan bangunan biara digunakan untuk sejumlah tujuan sekuler hingga tahun 1923, ketika Salvatorian memperolehnya.

Basilika[sunting | sunting sumber]

Basilika Steinfeld

Basilika, yang dulunya merupakan gereja biara, dibangun antara tahun 1142 dan 1150 oleh Premonstratensian sebagai salah satu gereja berkubah paling awal di Jerman. Struktur yang ada saat ini mencakup ciri-ciri dari sejumlah periode dan gaya, mulai dari gaya asli Romanesque hingga gaya Gotik, Renaisans dan Baroque hingga baja tahan karat modern elemen baja.

Gereja menerima status kepausan basilika minor pada tahun 1960. Gereja ini terdiri dari delapan teluk dan enam kapel, termasuk Kapel Santo Stefanus dan Kapel Santa Ursula.

Makam Hermann Joseph (perhatikan apel), dengan König-Orgel di latar belakang

Basilika berisi makam Hermann Joseph dari Steinfeld, seorang santo Premonstratensian yang populer, terletak di tengah-tengah gereja dan ditutupi dengan lempengan dan patung alabaster yang berbaring, diukir pada tahun 1732. Ini telah menjadi sebuah tujuan ziarah. Secara adat, apel ditinggalkan di sini, mengacu pada legenda bahwa Hermann pernah mempersembahkan sebuah apel kepada Anak Kristus di pelukan Madonna di gereja St. Maria im Kapitol di Cologne - siapa yang mengambilnya.

Organ Konig[sunting | sunting sumber]

Basilika ini juga berisi König-Orgel yang terkenal, salah satu organ gereja terpenting pada periode Barok Rhineland. Dibangun sekitar tahun 1600, dengan penambahan pada tahun 1680, 1727 dan 1934. Tidak digunakan lagi pada tahun 1977. Pada tahun 1981, organ tersebut dipulihkan secara menyeluruh oleh perusahaan Josef Weimbs Orgelbau dari Hellenthal. Terdiri dari 1.956 pipa dan 35 register; pipa aslinya sebagian besar masih utuh.

Kaca biara[sunting | sunting sumber]

biara bergaya Romawi yang asli diganti antara tahun 1492 dan 1517 dengan yang bergaya Gotik. Setelah pembubaran pada tahun 1802, jendela kaca patri, dibuat antara tahun 1526 dan 1557 oleh Gerhard Remisch, dijual oleh dealer lokal kepada rekan senegaranya di Norwich di Inggris. Beberapa panel sampai ke gereja-gereja desa di East Anglia, namun sebagian besar mencapai koleksi Lord Brownlow di Ashridge Park, dari mana panel-panel tersebut dibeli oleh Victoria dan Museum Albert. Dua panel kini berada di Steinfeld lagi.

Saat berada di Ashridge, kaca tersebut dikatalogkan oleh M. R. James, yang mengidentifikasinya sebagai berasal dari Steinfeld, yang menjadi dasar cerita pendeknya "Harta Karun Kepala Biara Thomas".

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Kompleks biara sekarang mencakup gimnasium, "Hermann-Josef-Kolleg Steinfeld", yang didirikan pada tahun 1924.

Sastra[sunting | sunting sumber]

Biara Steinfeld adalah lokasi M.R. James cerita hantu pendek Harta Karun Kepala Biara Thomas dari Kisah Hantu dari Barang Antik

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Reinartz, N., n.d.: Die Alten Glasgemälde im Kreuzgang der Prämonstratenser-Abtei Steinfeld in der Eifel und ihre Stifter, in: Wilhelm Neuss (ed.), Die Glasmalereien aus dem Steinfelder Kreuzgang, 1955

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 50°30′07″N 6°33′50″E / 50.502°N 6.564°E / 50.502; 6.564