Bernt Ivar Eidsvig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang Mulia

Markus Bernt Eidsvig

C.R.S.A.
Uskup Oslo
Bernt Ivar Eidsvig di tahun 2010
Nama asal
Bernt Ivar Eidsvig
GerejaGereja Katolik Roma
KeuskupanKeuskupan Oslo
Awal masa jabatan
22 Oktober 2005
PendahuluGerhard Schwenzer
Jabatan lainAdministrator Apostolik Trondheim (2009–2019)
Imamat
Tahbisan imam
20 Juni 1982
oleh John Willem Gran
Tahbisan uskup
22 Oktober 2005
oleh Gerhard Schwenzer
Informasi pribadi
Lahir12 September 1953 (umur 70)
Rjukan, Norwegia
Kewarganegaraan Norwegia
SemboyanLabori Non Honori
LambangLambang Markus Bernt Eidsvig

Mgr. Bernt Ivar Eidsvig, yang dikenal setelah tahun 1991 sebagai Markus Bernt Eidsvig (lahir 12 September 1953), adalah seorang prelatus Gereja Katolik Norwegia. Beliau telah menjadi Uskup Oslo sejak tahun 2005 dan Administrator Apostolik Prelatur Teritorial Trondheim dari tahun 2009 hingga 2019.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Eidsvig lahir dan besar di Rjukan, Norwegia. Ia belajar teologi di Universitas Oslo dan berencana menjadi pendeta Protestan di Gereja Norwegia. Dia mengambil gelar teologi di sana dengan tugas khusus sejarah Gereja dan Masyarakat dalam Chronicles of Barsetshire, serangkaian enam novel karya penulis Inggris Anthony Trollope (1815-1882) . Dia juga bekerja selama sepuluh tahun sebagai pekerja lepas untuk surat kabar Morgenbladet. Ia kemudian memilih untuk masuk Katolik pada 20 Desember 1977.

Penangkapan dan pemenjaraan di Moskow[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Juli 1976, Eidsvig ditangkap oleh KGB di Moskow ketika dia bertindak sebagai kurir untuk organisasi Rusia yang diasingkan Aliansi Nasional Solidaritas Rusia (NTS). Misinya adalah mengirimkan selebaran, obat ginjal, dan buku pegangan "pemberontakan" kepada seorang Soviet Rusia di Moskow yang meminta pasokan tersebut. Penerima yang dituju telah dikhianati dan ditangkap. Ketika dia tiba untuk melakukan pengiriman, dia ditangkap oleh agen KGB dan ditahan di Penjara Lefortovo selama 101 hari, ketika Menteri Luar Negeri Norwegia Knut Frydenlund dan Perdana Menteri Trygve Bratteli memenangkannya melepaskan.

Penangkapan tersebut menarik banyak perhatian baik di Norwegia dan internasional, yang sebagian besar memberikan tanggapan negatif. Ketika ia masih di penjara, beberapa laporan – yang dipengaruhi oleh disinformasi Soviet – membuat upayanya terlihat bodoh, bahkan melaporkan bahwa ia membagikan brosur di jalan-jalan di Moskow. Soviet menggunakan kliping semacam ini dari pers Norwegia, termasuk liputan di Aftenposten, untuk melemahkan perlawanannya saat diinterogasi.

Karir keagamaan[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan studi lisensi di Heythrop College di London, Eidsvig ditahbiskan sebagai imam di Keuskupan Oslo di Katedral Santo Olav di Oslo pada tanggal 20 Juni 1982 oleh John Willem Gran, Uskup Oslo. Ia sempat bertugas di korps pastor militer Angkatan Bersenjata Norwegia, sebagian di Evjemoen utara Kristiansand dan sebagian lagi di perusahaan rekrutmen medis di Bømoen oleh Voss. Dia kemudian menjabat sebagai pastor di Santo Paulus di Bergen dan pada tanggal 1 Januari 1986 menjadi pastor di sana. Saat menjadi pastor, ia pindah dan memperluas sekolah Katolik St. Paul Bergen. Ia juga seorang guru di sekolah tersebut dan aktif dalam asosiasi bahasa Riksmålsforbundet. Di Keuskupan Oslo, ia bertugas di Dewan Imam dari tahun 1983 hingga 1990, Dewan Konsultan dari tahun 1987 hingga 1990, dan Dewan Pastoral dari tahun 1988 hingga 1991.

Pada musim panas tahun 1991, Eidsvig diterima sebagai novis oleh Kanon Stift Klosterneuburg di Austria, tepat di luar Wina. Ia dianugerahi kebiasaan keagamaan pada 27 Agustus 1991, dan diberi nama Mark. Ia mengucapkan kaul pada tanggal 30 Agustus 1995. Ia kemudian bekerja dari tahun 1997 hingga 2003 sebagai pastor di St. Gereja Leopold di Klosterneuburg, dan dari tahun 1996 di biara sebagai master novis. Di bawah kepemimpinan novisiatnya, Stift Klosterneuburg mengambil cita rasa yang lebih internasional, menyambut kandidat dari Amerika Serikat, Jerman, Norwegia, dan Vietnam, yang terakhir melalui Norwegia sebagai pengungsi. Dia juga pernah menjadi konselor cabang dan sekretaris cabang Stift.

Uskup[sunting | sunting sumber]

Paus Benediktus XVI menunjuk Eidsvig sebagai Uskup Oslo pada tanggal 11 Juli 2005. Pengumuman tersebut ditunda hingga tanggal simbolis tanggal 29 Juli, hari peringatan santo pelindung Norwegia, St. Olav.[1] Eidsvig adalah Kanon Klosterneuburg pertama yang diangkat menjadi uskup sejak tahun 1913, ketika Pastor biara Friedrich Gustav Piffl diangkat Uskup Agung Wina. Pada tanggal 22 Oktober 2005, ia menerima penahbisan uskupnya di Lutheran Gereja Trinitas, dibuka untuk komunitas Katolik oleh Gereja Norwegia untuk acara tersebut, dan kemudian dilantik di Katedral Santo Olav. Misa konsekrasi disiarkan di Internet (Web TV) melalui www.katolsk.no. Eidsvig adalah uskup Katolik kelahiran Norwegia ketiga di Norwegia sejak Reformasi, setelah Olaf Offerdahl (ditahbiskan 6 April 1930, meninggal 7 Oktober 1930) dan John Willem Gran (ditahbiskan 24 Maret 1963, meninggal 20 Maret 2008).

Ia juga pernah menjadi anggota staf jurnal Katolik St. Olav.

Ia diangkat menjadi Administrator Apostolik Prelatur Teritorial Trondheim pada tanggal 8 Juni 2009, setelah pengunduran diri Uskup Georg Müller.[2] Masa jabatannya sebagai Administrator Apostolik berakhir pada 3 Oktober 2020 dengan penahbisan Uskup-Prelat Trondheim yang baru.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Markus Eidsvig ny biskop di Oslo katolske bispedømme". Den katolske kirke. Diakses tanggal 2023-12-28. 
  2. ^ Glatz, Carol (7 April 2010). ncronline.org/news/accountability/bishop-norway-retired-after-abuse-allegation "Uskup di Norwegia pensiun setelah tuduhan pelecehan" Periksa nilai |url= (bantuan). National Catholic Reporter. Catholic News Service. Diakses tanggal 7 Agustus 2018.