Kristiansand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Kristiansand
Kristiansand

Kristiansand (awalnya Christianssand ) ialah sebuah kota dan kotamadya, dan ibukota provinsi Vest-Agder, Norwegia. Menurut penduduknya, inilah kota terbesar di Norwegia[1], dan kota terbesar di kawasan geografis Sørlandet. Sejak 1 Januari 2006, kotamadya ini berpenduduk 76.917.[2]

Kristiansand didirikan oleh Raja Christian IV, yang pada 1641 mengucapkan "di sini sebuah kota harus berdiri". Awalnya kota ini berdiri sebagai kota pasar untuk mendorong pertumbuhan di kawasan ini karena kepentingannya yang strategis, menyediakan dasar ekonomi setempat untuk pembangunan benteng dan penduduk untuk pertahanan daerah ini. Pusat Kristiansand disebut Kvadraturen.

Taman zoologisnya, Kristiansand Dyrepark (Kebun Binatang Kristiansand dan Taman Hiburan) yang terletak di timur kota ini, memiliki banyak binatang dan di sebagian besarnya habitat alami, yang termasuk binatang seperti serigala, macan, dan lynx. Karena alokasi area ini, kombinasi kebun binatang dan taman wisatanya baik.

Tiap tahun di bulan Juli, Kristiansand ialah tempat Quart Festival, festival musik multihari - terbesar dari jenidnya di Norwegia.[3]

Kristiansand juga tempat Teater Agder.

Kota ini dihubungkan ke benua Eropa dari laut dan udara. Bandara setempat, Kjevik, terletak 12 km (7 mil) di timur kota dan memiliki rute ke kota-kota di Eropa dan Norwegia. Dari pusat kota, pelabuhan feri memiliki pelayaran ke Hirtshals (Denmark) dan Hanstholm (Denmark). Ada pula bus dan KA yang menghubungkan Kristiansand ke kota di Norwegia lainnya.

Kristiansand memiliki fasilitas galangan kapal utama yang mendukung industri minyak Norwegia di Laut Utara. Ada ladang pembalik statis HVDC Cross-Skagerak di dekat Kristiansand.

Kristiansand dan Sørlandet biasanya mendapat banyak cahaya matahari musim panas dibandingkan dengan sebagian besar kota di Norwegia. Mungkin ada curah salju yang banyak di musim dingin dengan angin selatan-barat daya (catatan salju di Kjevik 170 cm), namun salju jarang lama di pesisir.

Catatan: Meski namanya jelas-jelas berbeda, Kristiansand sering ditulis sebagai Kristiansand S (S untuk Selatan) untuk membedakannya dari Kristiansund, juga di Norwegia, yang dicatat sebagai Kristiansund N. Praktek ini berawal sebelum kode pos diprkenalkan, karena seringkali surat nyasar. Kesimpangan kadang-kadang juga pernah terjadi dengan kota Kristianstad di Swedia.[4]

Tokoh terkenal[sunting | sunting sumber]


Kristiansand. Foto yang diambil dari Gravane menunjukkan bagian Strandpromenaden. Bangunan apartemen di kiri ialah Markensgate 1A. Bangunan di kanan ialah restoran laut Sjøhuset (artinya Rumah Laut).

Gallery[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]