Bernabò Visconti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bernabò Visconti[1]

Bernabò Visconti (juga disebut Barnabò) (1323 – 18 Desember 1385) merupakan seorang prajurit dan negarawan berkebangsaan Italia, yang merupakan Raja Milan.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia dilahirkan di Milan, putra Stefano Visconti dan Valentina Doria. Dari tahun 1346 s/d tahun 1349 ia tinggal di pengasingan, sampai ia dipanggil pulang oleh pamannya Giovanni Visconti. Pada tanggal 27 September 1350 Bernabò menikahi Beatrice Regina della Scala, putri Mastino II, Raja Verona dan Taddea da Carrara, dan menempa baik ikatan politik dan kebudayaan di antara kedua kota tersebut. Intrik dan ambisinya membuatnya terus berperang dengan Paus Urban V, Florentine, Venice dan Savoy. Pada tahun 1354, atas kematian Giovanni, ia mewarisi kekuasaan Milan, bersama dengan saudara-saudaranya Matteo dan Galeazzo. Bernabò menerima wilayah timur (Bergamo, Brescia, Cremona dan Crema), yang membatasi wilayah Verona. Milan sendiri dipimpin oleh oleh ketiga bersaudara itu. Yang kejam Matteo dibunuh pada tahun 1355 atas perintah saudara-saudaranya, yang membagi hartanya untuk mereka masing-masing.

Pada tahun 1356, setelah menyinggung kaisar, ia mendorong kembali serangan pertama atas Milan oleh pendeta kekaisaran Markward von Raudeck, dan memenjarakannya. Pada tahun 1360 ia diumumkan sebagai orang bidaah oleh Innocent VI di Avignon dan dihukum oleh Kaisar Charles IV. Konflik berikutnya yang berakhir dengan kekalahan yang mengkhawatirkan di San Ruffillo melawan pasukan kekaisaran di bawah pimpinan Galeotto I Malatesta (29 Juli 1361). Pada tahun 1362, setelah kematian suami saudara perempuannya, Ugolino Gonzaga, menyebabkannya menyerang Mantua juga. Berperang di atas beberapa garis depan yang berbeda, di bulan Desember di thaun itu ia meminta untuk berdamai dengan paus yang baru, Urban V, melalui mediasi Raja John II dari Perancis. Namun, Barnabò lalai untuk kembali ke kota kepausan Bologna dan hadir secara pribadi di Avignon, pada tanggal 4 Maret 1363 ia dikucilkan sekali lagi, bersama dengan anak-anaknya, satu diantaranya, Ambrogio, ditangkap oleh komandan kepausan Gil de Albornoz. Dengan ditandatanganinya kedamaian pada tanggal 13 Maret 1364, Visconti meninggalkan wilayah kepausan yang dikuasainya, sebagai pertukaran untuk peningkatan larangan pembayaran sebesar 500,000 florin.

Patung Bernabò Visconti yang sedang menunggang kuda di Castello Sforzesco, Milan.

Pada musim semi pada tahun 1368 Visconti bersekutu dengan Cansignorio della Scala dari Verona, dan menyerang Mantua, yang masih dipimpin oleh Ugolino Gonzaga. Situasi tersebut kemudian diselesaikan pada tahun itu melalui sebuah perjanjian antara ia dan kaisar. Dua tahun kemudian ia mengepung Reggio, yang berhasil didapatkannya dari Gonzaga pada tahun 1371. Diikuti perang melawan Este dari Modena dan Ferrara menaikkan lagi kebencian kepausan melawan orang Milan, sekarang bagian Gregory XI. Pada tahun 1370, ia memerintahkan konstruksi Jembatan Trezzo, yang kemudian menjadi jembatan dengan satu-lengkungan yang terbesar di dunia.

Pada tahun 1373, paus mengirimkan 2 delegasi kepausan untuk melayani Bernabò dan Galeazzo surat pengucilan mereka (terdiri dari segel perkamen bantalan kelam tergulung di dalam kabel sutra). Bernabò, marah, menahan kedua delegasi tersebut dan menolak untuk membebaskan mereka jika tidak memakan surat, stempel, dan gulungan sutra yang telah mereka berikan kepadanya. Ia berhasil bertahan, meskipun sebuah wabah mulai menyerang di Milan, konsekuensinya ia ditekan oleh energi panik.[2] Pada tahun 1378 ia bersekutu dengan Republik Venice di dalam Pertempuran Chioggia melawan Genoa. Namun pasukannya dikalahkan di bulan September 1379 di Val Bisagno.

Bernabò, yang despotisme dan pajak telah membuat orang-orang Milan marah — ia fitur di antara contoh dari tirani sebagai korban kekayaandi Chaucer's[3] Dongeng Biarawan sebagai "dewa delit dan momok Lumbardye" — digulingkan oleh keponakannya Gian Galeazzo Visconti pada tahun 1385. Dipenjarakan di dalam kastil Trezzo, ia diracuni di bulan Desember pada tahun itu.

Monumen makam Bernabò Visconti, dengan patung menunggang kuda, bersama-sama dengan permaisurinya, yang telah dibuat sebelumnya, pada tahun 1363. Dipahat oleh Bonino da Campione ditujukan untuk gereja San Giovanni in Conca. Patung-patung tersebut sekarang berada di Castello Sforzesco, Milan.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Makam Bernabò

Bernabò adalah sekutu Stephen II, Adipati Bayern: 3 putrinya menikahi keturunan Stephen. Keturunannya termasuk :

Anak haramnya dengan Donnina del Porri, disahkan di dalam sebuah upacara setelah kematian istrinya pada tahun 1384,[5]adalah sebagai berikut :

  • Palamede (wafat tahun 1402).
  • Lancelloto.
  • Sovrana, menikahi Giovanni da Prato.
  • Ginevra, menikahi Leonardo Malaspina (wafat tahun 1441).
  • Enrica, menikahi Franchino Rusca.

Sebagai tambahan, Bernabò memiliki beberapa anak haram dari para gundiknya :[6]

— Dengan Beltramola Grassi:

  • Ambrogio (1343 - tewas di medan perang Caprino Bergamasco, 17 August 1373), condottiero dan Gubernur Pavia.
  • Isotta (wafat tahun 1388), menikah pada tahun 1378 dengan Pangeran Lutz von Landau, condottiero dibawah nama Lucio Land (wafat pada tahun 1398).
  • Ettore (d. 1413), yang secara singkat mengambil Kerajaan Milan (16 Mei - 12 Juni 1412), menikahi Margherita Infrascati.
  • Riccarda, menikahi Bernard, Seigneur de La Salle (wafat tahun 1391).

— Dengan Montanina de Lazzari:

  • Sagramoro (wafat tahun 1385), Raja Brignano, menikahi Achiletta Marliani.
  • Donnina (1360 - 1406), menikah pada tahun 1377 dengan Sir John Hawkwood.

— Dengan Giovanolla Montebretto:

  • Bernarda (wafat tahun 1376), menikahi Giovanni Suardi.
  • Valentia, menikahi Antonio Gentile Visconti, Raja Belgioioso.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Pizzagalli, Daniela (1994). Bernabò Visconti. Milan: Rusconi. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Girolamo Porro, engraved title page in Scipion Barbuo, Sommario delle vite de' duchi di Milano, cosi Visconti, come Sforzeschi (Venice: Girolamo Porro, 1574)
  2. ^ For his plague regulations for Milan, see Rosemary Horrox, The Black Death(1994) III.65, p 203.
  3. ^ Chaucer had been sent to Lombardy in 1378 on behalf of the young King Richard II to seek the support of Bernabò and Sir John Hawkwood on behalf of the English war effort against France. His epistola metrica III.29 was tacitly addressed to Bernabò (Ernest H. Wilkings, The 'Epistolae Metricae' of Petrarch, (Edizioni di Storia e Letteratura), p. 11.
  4. ^ Charles Cawley, Medieval Lands, Lords of Milan
  5. ^ " Bernabò Visconti seems to have gone through some sort of marriage ceremony to legitimate his children by Donnina del Porri" (H.S. Ettlinger, "Visibilis et Invisibilis: The Mistress in Italian Renaissance Court Society", Renaissance Quarterly, 1994.
  6. ^ Complete Genealogy of the House of Visconti
Didahului oleh:
Kardinal Giovanni Visconti, Uskup Agung Milan
Raja Milan
1349–1385
Diteruskan oleh:
Gian Galeazzo Visconti