Karl IV, Kaisar Romawi Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Charles IV, Kaisar Romawi Suci)
Langsung ke: navigasi, cari
Charles IV
Charles IV-John Ocko votive picture-fragment.jpg
Raja Bohemia, Pangeran Luksemburg
Memerintah 26 Agustus 1346–29 Nopember 1378
Koronasi 2 September 1347, Praha
Pendahulu John dari Bohemia
Pengganti Wenceslaus
Raja Romawi (Raja Jerman)
Memerintah 11 Juli 1346–29 Nopember 1378
Koronasi 26 Nopember 1346, Bonn
Pendahulu Louis IV, Kaisar Romawi Suci
Pengganti Wenceslaus I
Kaisar Romawi Suci, Raja Italia
Memerintah 6 Januari/5 April 1355–29 Nopember 1378
Koronasi 6 Januari 1355, Milan (kerajaan Italia)
5 April 1355, Roma (kerajaan)
Pendahulu Louis IV
Pengganti Sigismund I
Raja Burgundia
Memerintah 4 Juni 1365–29 Nopember 1378
Koronasi 4 Juni 1365, Besançon
Pengganti Sigismund I
Pasangan Blanche dari Valois
Anna dari Bayern
Anna von Schweidnitz
Elizabeth dari Pomerania
Anak
Sigismund, Kaisar Romawi Suci
Wenceslaus, Raja Romawi
Margaret, Ratu Hongaria
Catherine dari Bohemia
Elisabeth, istri Adipati Austria
Anne, Ratu Inggris
Margaret dari Bohemia, Burgravine dari Nuremberg
Wangsa Istana Luksemburg
Ayah John dari Bohemia
Ibu Elisabeth dari Bohemia
Lahir 14 Mei 1316
Praha
Meninggal 29 Nopember 1378 (usia 62)
Praha
Lambang Luksemburg Charles I, Pangeran Luksemburg

Charles IV (bahasa Ceko: Karel IV., bahasa Jerman: Karl IV, bahasa Latin: Carolus IV) (14 Mei 1316 – 29 Nopember 1378), lahir Wenceslaus (Václav), merupakan raja kedua Bohemia dari Istana Luksemburg, dan Kaisar Romawi Suci.

Ia merupakan putra sulung dan pewaris John yang Buta, yang wafat di (dalam Perang Crécy) pada tanggal 26 Agustus 1346. Charles mewarisi Kadipaten Luksemburg dan Kerajaan Bohemia. Pada tanggal 2 September 1347 Charles dimahkotai sebagai Raja Bohemia.

Pada tanggal 11 Juli 1346 pemilih Pangeran memilihnya sebagai Raja Romawi (rex Romanorum) di dalam oposisinya dengan Kaisar Louis IV. Charles dimahkotai pada tanggal 26 Nopember 1346 di Bonn. Setelah oponennya meninggal, ia dipilih kembali pada tahun 1349 (17 Juni) dan dimahkotai (25 Juli) sebagai Raja Romawi. Pada tahun 1355 ia juga dimahkotai sebagai Raja Italia pada tanggal 6 Januari dan Kaisar Romawi Suci pada tanggal 5 April. Dengan koronasinya sebagai Raja Burgundia, diundur sampai tanggal 4 Juni 1365, ia menjadi penguasa pribadi dari seluruh kerajaan Kekaisaran Romawi Suci.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Lahir dari John dan Elisabeth dari Bohemia (1292–1330) di Praha sebagai Wenceslaus (Václav), nama ayahnya, namun kemudian memilih nama Charles pada konfirmasi setelah ia pergi ke Perancis, di istana pamannya, Charles IV dari Perancis, dimana ia tinggal selama tujuh tahun.

Charles menerima pendidikan Perancis, terpelajar dan fasih di dalam lima bahasa: Latin, Ceska,[1] Jerman, Perancis, dan Italia. Pada tahun 1331 ia mendapatkan beberapa pengalaman perang di Italia dengan ayahnya. Dari tahun 1333 ia mengatur Wilayah Mahkota Bohemia karena kerap ketidakhadiran ayahnya dan kemudian juga penglihatannya yang memburuk. Pada tahun 1334, ia ditunjuk sebagai Margrave dari Moravia, gelar tradisional untuk para pewaris tahta. Dua tahun kemudian ia mengambil alih pemerintahan Tirol atas nama saudaranya John Henry, dan segera aktif terlibat dalam suatu pertikaian untuk warisan kadipaten ini.

Kaisar Romawi[sunting | sunting sumber]

Sebagai akibat dari suatu ikatan di antara ayahnya dan Paus Clement VI, musuh bebuyutan kaisar Louis IV, Charles yang memilih raja di dalam oposisi Romawi kepada Louis oleh beberapa pemilih pangeran di Rhens pada tanggal 11 Juli 1346. Seperti yang sebelumnya dijanjikan akan tunduk kepada Clement ia membuat konsesi luas kepada Paus pada tahun 1347. Menkonfirmasikan kepausan di dalam harta warisan wilayah-wilayah luas, ia berjanji untuk membatalkan tindakan-tindakan Louis melawan Clement, untuk tidak mengambil bagian di dalam urusan-urusan Italia, membela dan melindungi gereja itu.

Perang saudara di Jerman dapat dihindari, namun ketika Louis IV wafat pada tanggal 11 Oktober 1347, ketika ia menderita stroke ketika berburu seekor beruang. Di bulan Januari 1349 para pengikut setia Wittelsbach mencoba untuk mengamankan pemilihan Günther von Schwarzburg sebagai raja, namun ia menarik beberapa pendukung dan meninggal tanpa sepengetahuan orang dan tidak ada yang berkabung selama beberapa bulan. Setelah itu, Charles menghadapi secara tidak langsung ancaman tuntutannnya atas mahkota kerajaan.

Charles, mengambil kesempatan dari kesulitan oponennya, terpilih kembali dan dimahkotai kembali di Aachen pada tanggal 25 Juli 1349, dan segera menjadi penguasa kerajaan yang tidak diragukan. Hadiah-hadiah atau janji-janji telah memenangkan dukungan kota-kota Rhenish dan Swabia; sebuah ikatana pernikahan melindungi persahabatan Habsburg; dan Rudolf II dari Bayern, pangeran palatin Rhine, didapatkan ketika Charles, yang telah menduda pada tahun 1348, menikahi putrinya Anna.

Pada tahun 1350 raja dikunjungi di Praha oleh mimbar Roma Cola di Rienzo, yang mendesaknya untuk pergi ke Italia, dimana penyair Petrarch dan warga Florence juga memohon kehadirannya.[2] Menutup telinga terhadap permohonan tersebut, Charles menyimpan Cola di dalam penjara selama setahun, dan kemudian menyerahkannya sebagai seorang napi kepada Clement di Avignon.

Kaisar Romawi Suci[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1354 ia menyeberangi Alpen tanpa pasukan, menerima Mahkota Lombardia di dalam Basilika St. Ambrose, Milan pada tanggal 5 Januari 1355, dan dimahkotai sebagai kaisar di Roma oleh seorang kardinal di bulan April pada tahun yang sama.[3] Obyek tunggalnya tampaknya untuk memperoleh mahkota kerajaan dengan damai, sesuai dengan janji sebelumnya yang sebelumnya dibuat untuk Paus Clement ia hanya tinggal di dalam kota selama beberapa jam saja, meskipun untuk mengekspresikan harapan bangsa Romawi. Meninggalkan hak-hak kerajaan di Italia, kaisar menyeberangi kembali Alpen, dikejar oleh kata-kata yang yang membenci Petrarch namun sarat dengan kekayaan yang cukup.[4] Sekembalinya Charles disibukkan dengan administrasi Kekaisaran, kemudian hanya dipulihkan kembali dari Black Death, dan pada tahun 1356 ia menyebarluaskan Benteng Emas untuk mengatur pemilihan raja. Memberikan Moravia kepada saudaranya, John Henry, dan mendirikan kadipaten Luksemburg kedalam sebuah wilayah keadipatian untuk yang lain, Wenceslaus, ia tak henti-hentinya di dalam upaya-upayanya untuk mengamankan wilayah lain sebagai kompensasi dan untuk memperkuat monarki Bohemia. Untuk tujuan ini ia membeli bagian dari Palatinat atas Rhine pada tahun 1353, dan pada tahun 1367 menganeksasi Lusatia Bawah ke Bohemia dan membeli beberapa perumahan di berbagai bagian di Jerman. Atas kematian Meinhard, adipati Bayern Atas pada tahun 1363 dan pangeran Tirol, Bayern Atas dituntut oleh putra-putra kaisar Louis IV, dan Tirol oleh Rudolf IV, Adipati Austria. Kedua tuntutan tersebut diakui oleh Charles dengan pengertian bahwa jika keluarga tersebut meninggal kedua wilayah itu harus diserahkan kepada istana Luksemburg. Pada waktu yang sama ia menjanjikan suksesi kepada Margravate dari Brandenburg, yang sebenarnya didapat untuk putranya Wenceslaus pada tahun 1373. Ia juga mendapatkan bagian yang layak dari wilayah Silesia, sebagian berasal dari istri ketiganya, Anna von Schweidnitz, putri Henry II, Adipati Świdnica. Pada tahun 1365 Charles mengunjungi Paus Urban V di Avignon dan mengambil alih untuk mengawalnya ke Roma; dan pada kejadian yang sama dimahkotai sebagai raja Burgundia di Arles. di Paris pada tahun 1378, dari sebuah naskah abad ke-15 di Bibliothèque de l'Arsenal

Perjalanan keduanya ke Italia terjadi pada tahun 1368, ketika ia mengadakan pertemuan dengan Paus Urban VI di Viterbo, yang dikepung di istananya di Siena, dan meninggalkan negara itu sebelum akhir tahun 1369. Selama tahun-tahun terakhirnya kaisar mengambil bagian kecil di dalam urusan-urusan Jerman mengamankan pemilihan putranya Wenceslaus sebagai raja Romawi pada tahun 1376, dan menegosiasikan suatu perdamaian antara liga Swabia dan beberapa nobel pada tahun 1378. Setelah membagi wilayah-wilayahnya kepada ketiga putranya, ia wafat pada bulan Nopember 1378 di Praha, dimana ia dimakamkan, dan sebuah patung didirikan untuk mengenangnya pada tahun 1848.

Charles IV menderita penyakit gout (metabolik artritis), suatu wabah penyakit yang cukup umum pada masa itu.

Evaluasi dan warisan[sunting | sunting sumber]

Patung Charles IV dekat Jembatan Charles (1848), Praha

Pemerintahannya dikarakterisasikan dengan sebuah transformasi di dalam sifat kerajaan dan dikenang sebagai zaman keemasan Bohemia. Ia menyebarluaskan Banteng Emas 1356 dimana suksesi gelar kerajaan diletakkan, yang dipegang selama empat abad kedepan.

Ia juga mengorganisasikan negara-negara kerajaan kedalam konfederasi-konfederasi pembawa kedamaian. Dalam hal ini, kota-kota kerajaan menjadi terkemuka. Konfederasi Swabia Landfriede tahun 1370 dibuat hampir seluruhnya kota-kota kerajaan. Pada waktu yang sama, liga-liga diorganisasikan dan dipimpin oleh mahkota dan agen-agennya. Karena dengan para pemilihnya, kota-kota yang melayani di dalam liga-liga tersebut diberikan hak istimewa untuk membantu mereka di dalam upaya-upayanya menjaga kedamaian.

Ia menjamin kekuasaannya atas perbatasan-perbatasan kerajaan lewat perjanjian-perjanjian suksesi dengan Habsburg dan pembelian Brandenburg. Ia juga menuntut hak kedudukan kerajaan atas negara-negara pengikut perang salib Prusia dan Livonia.

Pelindung kebudayaan dan seni[sunting | sunting sumber]

Ia membuat Praha sebagai ibukota kerajaan, bahkan menolak desakan dari Petrarch untuk pindah ke Roma, dan ia merupakan seorang pembangun yang besar dikota tersebut, yang menyandang namanya di banyak tempat: Universitas Charles, Jembatan Charles, dan Alun-alun Charles. Kastil Praha dan Katedral Santo Vitus, oleh Peter Parler, diselesaikan dibawah perlindungannya. Akhirnya, dari pemerintahan Charles yang pertama bertanggal berbunga naskah tulisan di Praha. Di dalam kehadiran Republik Ceko, ia masih dianggap sebagai Pater Patriae (ayah dari negara atau otec vlasti), sebuah gelar yang pertama kali diciptakan oleh Adalbertus Ranconis de Ericinio di upacara pemakamannya.

Charles IV juga memiliki ikatana yang kuat dengan Nuremberg, tinggal dinatara kota dindingnya 52 kali dan dengan demikian memperkuat reputasinya di antara kota-kota Jerman. Charles adalah pelindung Nuremberg Frauenkirche, yang dibangun di antara tahun 1352 dan 1362 (sepertinya arsiteknya adalah Peter Parler), dimana istana kerajaan dipuja selama tinggal di Nuremberg.

Kebijakan kerajaan Charles difokuskan di lingkungan dinastik dan mengabaikan ideal luhur Kerajaan sebagai monarki universal Kristen. Pada tahun 1353, ia memberikan Luksemburg kepada keponakannya Jobst. Ia memusatkan energinya terutama terhadap perkembangan ekonomi dan intelektual Bohemia, dimana ia mendirikan universitas pada tahun 1348 dan mendorong humanisme awal. Tentu saja, ia berkomunikasi dengan Petrarch, yang diundangnya untuk mengunjungi tempat tinggalnya di Praha, namun harapan bangsa Italia yang hebat — sia-sia — untuk melihat Charles pindah tempat tinggal ke Roma dan membangun kembali tradisi Kekaisaran Romawi.

Saudari Charles Bona, menikahi putra sulung Philip VI dari Perancis, calon John II dari Perancis, pada tahun 1335. Dengan demikian, Charles merupakan paman maternal Charles V dari Perancis, yang meminta nasihat kerabatnya di Metz pada tahun 1356 selama Pemberontakan Parisian. Koneksi keluarga ini dirayakan di depan umum ketika Charles IV melakukan kunjungan khidmat ke keponakannya pada tahun 1378, hanya beberapa bulan sebelum kematiannya. Sebuah catatan rinci dari perisitiwa tersebut, diperkaya oleh banyak miniatur yang indah, yang dapat ditemukan di dalam salinan Charles V Grandes Chroniques de France.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Henry VII
12 Juli 1275(6) – 24 Agustus 1313
  Margaret dari Brabant
4 Oktober 1276 – 14 Desember 1311
  Wenceslaus II
27 September 1271 – 21 Juni 1305
  Judith dari Habsburg
13 Maret 1271 – 18 Juni 1297
         
     
  John dari Bohemia
10 Agustus 1296 – 26 Agustus 1346
  Elisabeth dari Bohemia
20 Januari 1292 – 28 September 1330
 
     
   
1
Blanche dari Valois
1316 – 1 Agustus 1348
OO   15 May 1323
2
Anna dari Bayern
26 September 1329 – 2 Pebruari 1353
OO   Maret 1349
Charles IV
14 Mei 1316 – 29 Nopember 1378
3
Anna von Schweidnitz
1339 – 11 July 1362
OO   27 Mei 1353
4
Elizabeth dari Pomerania
1346(7) – 14 Pebruari 1393
OO   21 Mei 1363
                   
   1    1    2    3    3    3    4
son
b.1334
Margaret dari Bohemia
1335–49
Catherine dari Bohemia
1342–95
Wenceslas
1350–51
Elisabeth dari Bohemia
1358–73
Wenceslaus,
Raja Romawi

1361–1419
son
1362
Anne
dari Bohemia

1366–94
   4    4    4    4    4        
Sigismund, Kaisar Romawi Suci
1368–1437
John dari Görlitz
1370–96
Charles
1372–73
Margaret dari Bohemia
1373–1410
Henry
1377–78

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Charles dan istri pertamanya Blanche

Charles menikah sebanyak empat kali. Istri pertamanya adalah Blanche, (1316–48), putri Charles, Pangeran Valois, saudari tiri Philip VI dari Perancis. Mereka memiliki tiga orang anak:

Ia menikah yang kedua kalinya dengan Anna dari Bayern, (1329–53), putri Pangeran Palatin Rudolph II dan mereka memiliki seorang putra,

  • Wenceslaus (1350–51).

Istri ketiganya adalah Anna von Schweidnitz, (1339–62), putri Henry II, Adipati Świdnica dan Katharina dari Anjou (putri Charles I Robert, Raja Hongaria), dengan siapa ia memiliki tiga orang anak,

  • Wenceslaus (1361–1419), pewaris Charles sebagai Kaisar dan raja Bohemia, dan
  • Elisabeth (19 April 1358–4 September 1373), yang menikahi Albert III dari Austria.
  • seorang putra (lahir dan wafat 11 Juli 1362).

Istri keempatnya adalah Elizabeth dari Pomerania, (1345 atau 1347–1393), putri Adipati Bogislaw V, Adipati Pomerania dan Elisabeth, putri Casimir III dari Polandia. Mereka memiliki enam orang anak:

Nama yang diambil sama seperti Charles IV[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Charles IV, Holy Roman Emperor

Beberapa tempat dinamakan sama seperti Charles:

Nenek moyang[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Morefootnotes

  1. ^ Vita Caroli
  2. ^ Francesco Petrarca Epistolae familiares X.1, XII.1, XVIII.1; See also: E.H. Wilkins Life of Petrarch (Chicago, 1961) 97, 112, 134 resp.
  3. ^ František Palacký: Dějiny národu českého v Čechách i v Moravě, books VIII and IX
  4. ^ Francesco Petrarca: Epistolae familiares XIX.12; See also E.H. Wilkins Life of Petrarch (Chicago, 1961) 147
  5. ^ Bohemia, Medieval Lands
  • Charles IV (autobiography), edited by Balázs Nagy, Frank Schaer: Autobiography of Emperor Charles IV; And, His Legend of St. Wenceslas: Karoli IV Imperatoris Romanorum Vita Ab Eo Ipso Conscripta; Et, Hystoria Nova de Sancto Wenceslao Martyre, Published by Central European University Press, 2001, ISBN 963-9116-32-7, 9789639116320, 259 pages [1]
  • Artikel ini memuat teks dari Encyclopædia Britannica Eleventh Edition, publikasi yang sekarang berada di domain umum.
Karl IV, Kaisar Romawi Suci
Lahir: 14 Mei 1316 Wafat: 29 Nopember 1378 [usia 62]
Didahului oleh:
John
Pangeran Luksemburg
1346–78
Diteruskan oleh:
Wenceslaus
Raja Bohemia
1346–78
Didahului oleh:
Louis IV
Raja Jerman
(resminya Kaisar Romawi)

1346–78
(sampai tahun 1347 oposisi dengan Louis IV)
Raja Italia
1355–78
Raja Burgundia
1365–78
Kaisar Romawi Suci
1355–78
Diteruskan oleh:
Sigismund
Didahului oleh:
Otto V
Margrave dari Brandenburg
1373–78

Templat:Penguasa Luksemburg